Breaking News : Presiden Jokowi Tetapkan PPKM Darurat Berlaku 3-20 Juli 2021

FOKUSATU-Presiden Jokowi menggelar konferensi pers mengenai penerapan PPKM Darurat di 6 provinsi dan 44 kabupaten. Jokowi mengatakan, PPKM Darurat akan berlaku pada 3-20 Juli 2021.

Di lansir dari kumparan. com, “Pandemi COVID-19 dalam beberapa hari terakhir berkembang sangat cepat karena varian baru yang juga jadi persoalan serius. Situasi ini mengharuskan kita mengambil langkah-langkah yang lebih tegas. Setelah mendapat masukan dari menteri, ahli kesehatan, dan kepala daerah, saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak 3 Juli-20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali,” kata Jokowi dalam tayangan di YouTube Setpres, Kamis (1/7).

Jokowi mengatakan PPKM darurat merupakan pembatasan yang lebih ketat dibandingkan yang selama ini berlaku. Namun, ia tidak merinci soal aturan teknis PPKM darurat tersebut.
Teknis PPKM darurat, kata Jokowi, akan diumumkan oleh Menko Marves Luhut Pandjaitan.
“PPKM darurat ini akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan alasan penerapan PPKM Darurat saat membuka Munas Kadin di Kendari, Rabu kemarin.

Jokowi menjelaskan, opsi ini dipilih pemerintah karena sudah terbukti dari pengalaman beberapa bulan lalu, ketika pembatasan diberlakukan maka penurunan kasus corona juga terjadi.
Nah, ketika kasus corona turun maka indeks kepercayaan konsumen (IKK) menjadi naik.

“Begitu pembatasan ketat dilakukan kemudian mobilitas turun, kasusnya ikut turun misalnya itu indeks kepercayaan konsumen masih naik. Tetapi begitu kasusnya naik, indeks kepercayaan konsumen pasti selalu turun,” kata Jokowi dalam pidatonya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *