Berkat SEMANGKA MANIS, PKC Kramat Jati Raih Juara Inovasi Bidang Kesehatan 

FOKUSATU-Puskesmas Kecamatan (PKC) Kramat Jati meraih Juara 1 Pengembangan Produktivitas dan Inovasi Bidang Kesehatan yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur. Dari kemenangan tersebut, PKC Kramat Jati akan maju dalam Konvensi Mutu Tingkat Provinsi di Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada 27 Oktober 2021.

Di lansir dari sudin infotik Jakarta Timur, Puskesmas Kecamatan Kramat Jati berhasil meraih Juara 1 tentang Inovasi yang bernama SEMANGKA MANIS,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, dr. Inda Mutiara, saat dihubungi Sudin Kominfotik Jakarta Timur Selasa (26/10/2021).

SEMANGKA MANIS (Sistem Layanan Gigi Tekanan Negatif Aman Pasien dan Petugas) yang diciptakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien Poli Gigi PKC Kramat Jati. Sebab, selama masa pandemi Covid 19 layanan kesehatan gigi memiliki risiko tinggi dan membuat kebutuhan serta keluhan pasien tidak terpenuhi.

Adapun SEMANGKA MANIS ini ini mencakup pembuatan ruang layanan Poli Gigi sesuai standar pelayanan Covid 19, untuk meminimalisir penularan Covid 19. Ini terbukti berhasil dengan jumlah kunjungan Poli Gigi di PKC Kramat Jati menjadi 73 persen pada periode Triwulan IV Tahun 2020 dan 95 persen pada periode Triwulan I Tahun 2021.

Inovasi SEMANGKA MANIS terus berproses meningkatkan layanan hingga saat ini dan didukung oleh surat Keputusan Kepala Puskemas Kecamatan Kramat Jati Nomor 310 Tahun 2020 tentang Inovasi Semangka Manis (Sistem Layanan Gigi Tekanan Negatif Aman Pasien dan Petugas) di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Panduan Dokter Gigi dalam Era New Normal yang diterbitkan pada bulan Juni 2020 oleh Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI).

“Keberhasilan inovasi ini dapat dinikmati seluruh warga di wilayah Kecamatan Kramat Jati dengan mengakses layanan Kesehatan gigi dan mulut tanpa rasa kuatir, sehingga angka kesakitan gigi dapat menurun dan derajat kesehatan masyarakat meningkat,” jelas dr. Inda.

SEMANGKA MANIS sudah dikunjungi untuk kaji banding oleh delapan Puskesmas Kecamatan lain dan sudah direplikasi di 4 Puskesmas Kecamatan lain.

Foto Dok. Puskesmas Kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *