BBPPMPV Bisnis Dan Pariwisata Kirimkan Delegasi Pada Konferensi Internasional Hospitalty & Tourism

FOKUSATU– Tanggal 7 Desember 2022 BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata mengirimkan delegasi pada Konferensi International Hospitality & Tourism, yang diselenggarakan oleh University Mara – Malaysia periode pelaksanaan 7 s.d. 10 Desember 2022.

Tema konferensi ke-6 ini adalah Revitalising ASEAN Tourism : Building Sustainable Resilience. Salah satu subtema pada konferensi ini adalah ‘Education and Training’ yang sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek.

‘Efektivitas E-Training Terhadap Sikap dan Keterampilan Guru Vokasi Bidang Tourism & Bisnis Pada Masa Pandemi Covid-19’ Di Indonesia, adalah judul tema Makalah Penelitian yang dipilih dan ditulis oleh Nana Halim selaku Kabag Tata Usaha (TU) yang saat ini sedang menempuh studi Doktoral di Universitas Pakuan.

Penyelenggaraan diklat dengan metode E-Training yang dilakukan oleh BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata pada masa pandemi covid 19 pada tahun 2021.

Di ikuti oleh 614 peserta dapat berjalan dengan baik berdasarkan hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan diklat dan kualitas pengajar (widyaiswara) oleh peserta dengan nilai sangat baik dan excellent.

Media dan aplikasi pembelajaran yang user friendly, pengaturan waktu kegiatan pembelajaran yang terjadwal dengan baik, jaringan internet yang memadai dan baik saat pembelajaran sehingga materi tersampaikan tanpa halangan dan penguasaan serta penyampaian materi yang jelas oleh para pengajar, membuktikan bahwa Pelatihan dengan metode E-training tidak menghalangi guru guru untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan meski keseluruhan pelatihan dilaksanan secara daring.

Meski begitu, sambung Nana Halim, e-training tetap harus dibarengi dengan pembelajaran tatap muka sehingga muncul istilah blended learning serta peserta diklat harus dan wajib magang serta mendapatkan assessmen dari industri sebagai optimalisasi pembelajaran diklat yang dilakukan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata.

Hal tersebutlah yang akan menjadi paparannya sebagai presenter dalam gelaran konferensi internasional hospitality dan tourism Sabah – Malaysia ini.

Link konferensi :
https://www.jthca.org/ihtc2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *