Bawaslu Jaktim Gelar Fasilitasi Sentra Gakkumdu Untuk Pemilu 2024

FOKUSATU– Dalam rangka koordinasi dan konsolidasi Sentra Penegakan Hukum terpadu (Gakkumdu) Jakarta Timur serta peningkatan kapasitas seluruh anggota sentra Gakkumdu terkait penanganan pelanggaran pemilu , Badan pengawas pemilu ( Bawaslu ) Jakarta Timur mengadakan kegiatan rapat fasilitasi sentra Gakkumdu dengan tema ” Optimalisasi penegakkan hukum tindak pidana pemilu”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis tanggal 07-08 Desember 2022 di Harper Hotel Jl MT Haryono,Cawang Jakarta Timur .

Ahmad Syarifudin Fajar selaku Kordiv Penanganan pelanggaran dan data informasi Bawaslu Jakarta Timur serta pemangku kegiatan ini mengatakan ,”Pengawas pemilu Pembinaan kedepan nya khususnya untuk menangani penindakan pemilu , untuk menyamakan persepsi bagaimana penindakan pemilu.

Di kamar sebelah itu ada kasus dugaan abuse of power , kalau kita lengah kita bisa tergoda .
Pada kesempatan kali ini kita samakan persepsi bagaimana penindakan pelanggaran pemilu.

Syahroji,SH, MH selaku ketua Bawaslu Jakarta Timur mengatakan dalam sambutan nya , “Kalau kita bicara Sentra Gakkumdu berarti bicara penanganan pelanggaran pemilu, kita melakukan koordinasi dengan stackholder , dan kita lakukan sosialisasi kepada mahasiswa dan masyarakat agar Bawaslu di kenal dan masyarakat .

Ada temuan ,ada laporan,
Panwaslu masuknya itu melalui temuan , hasil pengawasan dugaan pelanggaran nanti di kaji apakah pelanggaran kode etik kah ,pelanggaran tindak pemilu ,dan lain nya .

Dalam proses dugaan tindak pidana pemilu kita bisa memetakan apakah itu pelanggaran politik uang ,pelanggaran kode etik itu harus kita kaji.

7 hari waktu yang di tentukan ,dalam waktu 7 hari itu kita kaji apakah itu termasuk pelanggaran pemilu .

Tugas kita sebagai pengawas pemilu itu prosesnya bukan hasilnya,oleh karena nya proses itu harus sesuai dengan prosedur .

Munandar Nugraha selaku ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta hadir dalam zoom meeting membuka kegiatan ini secara resmi.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber dari unsur kejaksaan dan kepolisian .

Hadir dalam kegiatan ini yakni ketua ,anggota ,Kasek beserta staf Bawaslu Jakarta Timur , panwascam divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa se Jakarta Timur ,organisasi kepemudaan ,ormas se Jakarta Timur seperti HMI ,PMII, Kohati , Korpri PMII, GMNI ,IMM dan unsur media .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *