Bawaslu Jakarta Selatan Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran Untuk Pemilu 2024

FOKUSATU– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota administrasi Jakarta Selatan menggelar fasilitasi dan pembinaan penanganan pelanggaran untuk pemilu 2024 di hotel Diradja, Jl Kp Tendean Jakarta Selatan, Senin 28 November 2022.

Dengan mengusung tema Urgensi Pengawasan Pasca Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024, harapannya para peserta acara hari ini lebih memahami pengawasan pemilu ke depan khususnya panwascam yang bertugas nanti di Jakarta Selatan bisa lebih baik dan berintegritas dalam melakukan pengawasan.

Acara hari ini dihadiri oleh anggota Bawaslu DKI Jakarta yakni Dr Sitti Rachman sekaligus membuka acara.

Adapun kegiatan hari ini dilakukan oleh Bapak Abdul Salam, selaku Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Jakarta Selatan. Menghadirkan Narasumber Agus Sudono dan Abah Fahrudin.

Abah Achmad Fachrudin yang merupakan ketua Prodi KPI PTIQ, Pengurus LKB mengatakan, “Bahwasannya kita harus mengambil catatan tentang pengawasan pasca verifikasi Faktual Partai Politik tahun 2022. Yaitu bisa memahami narasi besar tentang verifikasi faktual partai politik, karena bisa menjadi barometer atau parameter untuk mengukur tingkat kualitas Pemilu 2024 mendatang dan mengukur kualitas kerja baik tingkat kesiapan KPU, Bawaslu dan Partai Politik di Pemilu 2024.

Kita juga harus bisa flash back issue issue verifikasi partai. Kita juga harus memahami isue isue krusial keanggotaan.Untuk itu perlu rekomendasi seperti mengefektifkan dan memaksimalkan proses pengawasan tahapan pemilu, kreatif dalam mendapatkan data yang akan di ferfak dengan membangun hubungan baik KPU kab/kota dengan Bawaslu kab/kota, serta mempersiapkan diri jika ada gugatan sengketa pemilu oleh partai politik.

Agus Sudono selaku ketua KPU Jaksel dalam paparan nya mengatakan, ” KPU saat ini sedang membentuk badan ad hoc  yakni PPK di tingkat kecamatan dan PPS di tingkat kelurahan, semoga pembentukan ad hoc ini di lancarkan, dari KPU sudah menetapkan syarat kesehatan yakni harus membuat surat keterangan sehat yang di lampirkan surat dari lab cek gula darah dan kolesterol, ini mengantisipasi biar kita tahu petugas PPK dan PPS itu sehat  tutup Agus.

Acara yang digelar dari pagi sampai sore hari ini turut mengundang Anggota Bawaslu Jakarta Selatan beserta staf dan jajarannya, para staf panwascam Se Jakarta Selatan, serta unsur media .(*) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *