Azis Khafia Terima Ijazah Thariqoh As Sammaniyah Al Hasyimiyah

FOKUSATU-Usai pengajian rutin selasa Subuh 14 desember 2021 . Ta’lim mendapat kunjungan kehormatan pimpinan Thoriqoh As Sammaniyah, Syeikh Muhtar Muhammad al Hajj dari Sudan.

Syeikh Maulana Kamal Yusuf selaku Guru tetap Majlis Al Fauz mendapat izin langsung untuk mengijazahkan Assamaniyah dari pimpinan Thoriqah Assamaniyah al Hasyimiyah Syekih Muhtar Muhammad al Hajj dari Sudan.

Menurut salah seorang murid Syeikh Muhtar katanya; bahwa Ruh adalah bala tentara Allah yg dahulu pernah saling bertemu. Jika saat alam ruh pernah bertemu, maka di alam dunia akan bertemu jua. Salah satunya adalah hari ini kita berjumpa dengan Syeikh Muhtar Muhammad al Hajj. Yang nasabnya menyambung ke sahabat Nabi yaitu Ubai bin Kaab dari jalur bapak.

Sedangkan dari jalur ibu menyambung nasabnya ke Abdullah bin Abbas. Syeikh Muhtar mencapai makom keilmuan dan hikmah berkat 17 tahun berkhidmat kepada gurunya syeikh Bashir dan syeikh Syarif at Tijani selama 22 tahun . Thoriqh Assamaniyah al Hasyimiyah bagi Orang Betawi memiliki ikatan kuat denganThoriqoh ini. Di Nusantara Thariqoh ini disebarkan oleh Syeikh Abdurahman al Batawi al mashri (Petamburan) yang menimba ilmu di timur tengah, tokoh Betawi lainnya adalah Guru Mughni Kuningan.

Sedangkan untuk kawasan Sumatra hingga Patani (Thailand) disebarkan oleh Syeikh Abd Somad al Palimbani (Pelembang). Usai Ta’lim Azis Khafia dan jamaah lainnya mendapatkan ijazah Thoriqoh Assamaniyah yang dipimpin langsung oleh Kiyai Maulana Kamal Yusuf dan di doakan langsung oleh Syeikh Muhtar Muhammad al Hajj.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *