Azis Khafia : Ridwan Saidi Sosok Mujtahid Betawi

FOKUSATU– Ridwan Saidi adalah sosok Intelektual sekaligus budayawan Betawi yang memiliki segudang talenta, ia seorang pemikir, penulis sekaligus politisi.

Hari ini, Ahad 25 Desember 2022 kita telah kehilangan sosok tersebut, Innalillahi Wa inna ilaihi Rojiun, semoga Almarhum Babe Ridwan Saidi amal ibadahnya di terima Allah SWT, Aamiin.

Kiprah Ba di dunia pergerakan Islam dan Betawi, Ia memiliki tempat tersendiri, mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) mengusung semangat MASYUMI dalam kiprah politiknya, saking cintanya dengan MASYUMI, Ia sempat mendirikan Partai MASYUMI Baru pada awal-awal reformasi.

Dalam bidang literasi, Babe Ridwan sangat produktif menulis, diantara karyanya adalah ; Fakta dan data Yahudi di Indonesia, babad Tanah Betawi, Kepemimpinan Betawi dan banyak karyanya yang menjadi rujukan mahasiswa dan akademisi. Saya mengenal Babe Ridwan sejak masih duduk dibangku kuliah S1, melalui tulisan-tulisannya, hingga akhirnya berinteraksi langsung di organisasi Betawi. 

Babe Ridwan adalah sosok yang berani melakukan ijtihad dalam kesejarahan Betawi, ditangan Betawi terlihat klasik dan memiliki sejarah panjang sejak ribuan tahun lalu, bahkan baginya Betawi adalah Kaum berdarah biru yang memiliki gen intelektual dan pemimpin.

Betawi dan Indonesia kehilangan sosok yang gigih menyuarakan Islam dan Betawi, komitmen kebetawiannya Ia usung hingga akhir masa.

Selamat jalan Babe Ridwan, Jariah pemikiranmu akan selalu bersemi dihati kami.

Azis Khafia 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *