AZIS KHAFIA JELASKAN MAKNA MAJELIS ADAT KAOEM BETAWI (KAOEM BETAWI TRADITIONAL COUNCIL)

FOKUSATU– Usai deklarasi kaum Betawi yang menyatukan dua Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982, Kamis, 22 Desember 2022 di Balaikota.

Azis Khafia yang di sapa Bang Azis menyampaikan gagasan dan usulan tentang lembaga baru yang akan menjadi naungan kaum betawi,Jumat, 23 Desember 2022.

Bang azis menjelaskan gagasan secara singkat sebagai berikut bahwa “Majelis Adat Kaum Betawi” memiliki makna ,

Pertama, Majelis_. Majelis berasal dari serapan bahasa Arab, merupakan perkumpulan yang memiliki manfaat positif dengan memiliki adab-adab bermajelis. Secara harfiah majelis adalah lembaga atau wadah bermusyawarah para tokoh atau pemuka adat atau agama.

Kedua, Adat, Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai hukum kebiasaan, norma, dan hukum adat yang mengatur tingkah laku manusia antara satu sama lain yang lazim dilakukan di suatu kelompok .

Ketiga Kaoem_ Kaoem atau kaum adalah golongan (orang yang sekerja, sepaham, segagasan (cita-cita), dan sebagainya). contoh: ‘Kaum terpelajar’ pada masa perjuangan digunakan kata “Koem Betawi”. Kata “Kaoem Betawi”_memiliki nilai historis dan memiliki nilai kejuangan serta nasionalisme.

Keempat, Betawi, Suku Betawi adalah kelompok masyarakat atau etnis yang umumnya bermukim di Jakarta, Bogor, Tanggerang, Depok dan sekitarnya. Suku ini terbentuk selama ribuan tahun dan memiliki karakteristik antara lain ; Berbahasa Melayu Betawi, egaliter, terbuka, beragama Islam (religius).

Demikian usulan Bang Azis selaku Intelektual muda Betawi ketika dihubungi di Jakarta selatan pagi tadi. Bang Azis berharap MAJELIS ADAT KAOEM BETAWI (مجلس عدت قاوم بتاوي) KAOEM BETAWI TRADITIONAL COUNCIL adalah wadah sentral organisasi masyarakat Betawi yang lebih maju dan bermartabat karena memiliki visi misi yang bersentuhan langsung dengan keummatan utamanya untuk kaum Betawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *