AHOK BAYARKAN HAK PETANI YANG TERGABUNG DALAM RELAWAN GERAKAN MENABUNG POHON

FOKUSATU-Program Gerakan Menabung seratus juta Pohon Pertamina Foundation berawal di tahun 2012 – 2014 dengan hasil kegiatan 105 juta pohon berlokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, NTB, Kalimantan, Sulawesi dilaksanakan oleh para Relawan Gerakan Menabung Pohon (GMP) yang mengkordinir para petani dalam rangka menabung Pohon Industri yaitu Pohon Sengon dan Jabon yang ditunjuk oleh Pertamina Foundation di samping itu juga melibatkan TNI AD di wilayah seluruh Indonesia.

namun dalam perjalanan Hak hak Relawan dan petani yang sudah melakukan Kegiatan Gerakan Menabung 100 Juta Pohon Pertamina Foundation sesuai Perjanjian Komitmen dan Perjanjian Sponsorship dengan Pihak Pertamina Foundation justru Sebagian besar belum di bayar Hak atas Kegiatannya dalam melaksanakan Sistem Menabung Pohon Pertamina Foundation.

Berdasarkan Hal tersebut para Petani yang tergabung dalam Relawan Gerakan Menabung Pohon Akhmad Sultoni selaku ketua GMP mengajukan Gugatan kepada Pertamina Foundation melalui permohonan PKPU di pengadilan Niaga Jakarta Pusat No. 174/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN.Jkt.Pst sudah tahapan segera diputuskan oleh Majelis Hakim pada Selasa 06 Juli 2021 namun di tunda pelaksanaan dengan Alasan Panitera Pengganti terpapar Covid-19.

Namun di saat yang bersamaan Pertamina Foundation justru menyebarkan berita di media online yang isinya merugikan para Petani dan Relawan gerakan Menabung Pohon (Pemohon PKPU) berita yang tidak benar atau Bohong yang tidak sesuai dengan fakta pengadilan di media online Nasional sudah tentu kami akan menempuh jalur Hukum

Di mana pemberitaan yang menyatakan seluruh pembayaran yang telah dilakukan terkait program GMP merupakan tindak pidana korupsi adalah tidak benar alias Bohong, karena dalam putusan Mahkamah Agung RI No. 1132 K/Pid.Sus/2018 Jo. Putusan Pengadilan Tinggi 2/PID.SUS-TPK/2018/PT.DKI tanggal 6 Februari 2018 Jo. Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Putusan Nomor 87/Pid.Sus/TPK/2017/PN.Jkt.Pst.

Pertimbangan hukum yang demikian itu tidak ada sama sekali, sehingga dapat ditengarai pemberitaan itu sengaja untuk merusak atau menyesatkan opini khalayak dan hakim yang mengadili perkara”, Permohonan kami adalah PKPU Ranah kami adalah perdata bukan pidana Ujar Joshua Siahaan dan Yuda menggala Partner selaku Kuasa Hukum para petani yang tergabung dalam Relawan GMP

Bilamana kita baca putusan pidana korupsi atas nama Terpidana berinisial WA maka dengan terang benderang akan dapat kita diketahui bahwa delik korupsi adalah perbuatan oknum, sedangkan program GMP itu sendiri adalah program yang bagus, cerdas dan berdaya guna untuk kelestarian hutan tropis Indonesia, sehingga program GMP tersebut mendapat apresiasi dari dunia Internasional sehingga menempatkan Perusahaan Pertamina sebagai perusahaan yang peduli lingkungan (Eco-Corporate) Pungkas Joshua Siahaan.

Pemberitaan yang menyatakan tindakan Terdakwa (oknum PF) yang melakukan korupsi telah memperkaya Pemohon PKPU adalah juga pemberitaan yang menyesatkan. Justru sesungguhnya perbuatan Terdakwa (oknum PF) secara tidak langsung telah merugikan para Pemohon PKPU karena pekerjaan para Pemohon in casu yang telah melakukan penanaman pohon sesuai yang ditentukan dalam kontrak kerja telah dilaksanakan dengan tuntas dan purna, sehingga semestinya pihak Pertamina Foundation sudah harus memenuhi prestasi atau kewajiban hukumnya untuk melakukan pembayaran kepada para Pemohon PKPU. Jadi, kami yakin bahwa Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat yang akan memutus perkara tidak akan terpengaruh terhadap opini sesat yang dibangun oleh pihak tertentu melalui pemberitaan tersebut karena ini perjuangan hak hak Petani melawan kebatilan.

Untuk itu kami para petani yang tergabung dalam Relawan GMP menuntut Agar Ahok selaku komisaris Utama PT. Pertamina yang mengawasi agar dana dana CSR yang sudah di alokasi pada program Gerakan menabung pohon Pertamina Foundation untuk di bayarkan kepada para petani Relawan Gerakan Menabung Pohon di mana PT. Pertamina sudah mendapat apresiasi penghargaan nasional maupun Internasional.

Jakarta Rabu 07 Juli 2021
Hormat Kami

Akhmad Sultoni
Ketua GMP
081332226999

Iwan Ridwansyah
Sekretaris GMP
081311819005

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *