Agus Fatah : Lakukan 4 M

FOKUSATU-Selama masih diberikan kesempatan, kesehatan, kemampuan dan kemauan oleh Allah SWT, sesungguhnya kita memiliki peluang untuk melakukan hal-hal bermanfaat bagi pribadi dan masyarakat.

Setidaknya ada 4 M (4 hal) yang bisa kita lakukan:
Pertama, membaca, membaca adalah perintah pertama Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Begitu besarnya manfaat membaca bagi manusia, maka Allah memerintahkan kita untuk membaca, (lihat QS: Al-Alaq 1-5). Apa yang harus dibaca?. Yang harus kita baca adalah ayat-ayat qauliyah : Al-quran, hadits dan buku-buku sejarah serta ilmu pengetahuan dan ayat-ayat ayat kauniyah : alam semesta dan gejala-gejala sosial di masyarakat.
Membaca kitab suci dan buku pengetahuan membuat seseorang bertambah wawasan dan ilmu. Membaca alam semesta dan gejala sosial di masyarakat akan membuat seseorang bijak bertindak.

Kedua, menulis, menulis adalah kemampuan yang bisa dikembangkan oleh setiap orang. Jika ada kemauan kuat insya Allah setiap orang bisa menulis dengan baik.

Menulis adalah kegiatan penting dalam kehidupan, melalui kegiatan menulis nilai-nilai kebaikan dan ilmu pengetahuan tersampaikan dan terdokumentasikan. Menulis adalah tanggung jawab setiap generasi, agar sejarah dan ilmu pengetahuan terus terwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tanpa budaya menulis yang kuat sebuah peradaban akan hilang ditelan zaman. Manfaat lain secara personal, menulis mampu meningkatkan kemampuan intelektual seseorang.

Ketiga mengajar, mengajar adalah menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada orang lain. Mengajar membantu masyarakat mengetahui hal-hal yang perlu mereka ketahui terkait hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, bernegara dan beragama. Dalam ilmu pendidikan dinyatakan bahwa setiap orang dewasa adalah guru. Maka setiap orang sejatinya harus mengajar kan hal-hal baik pada siapapun. Setiap kita dituntut mengajar (menjadi teladan) dalam kebaikan. Orang bijak berkata : “Hadiah terindah bagi generasi muda adalah mendidik mereka”

Rasulullah bersabda : “Ajarlah anak-anakmu dan baguskanlah adab mereka”

Keempat, menanam, menanam adalah budaya yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan di masyarakat. Banyak sekali manfaat menanam antara lain: menghasilkan oksigen yang dibutuhkan, memenuhi kebutuhan akan sayur, buah dan obat. Alangkah baiknya jika setiap keluarga menanam tanaman buah, sayur, obat dan tanaman hias.

Dengan menanam lingkungan akan tampak lebih indah, sejuk, nyaman dan menyehatkan.

Menanam juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah melalui sabdanya:

“Seandainya besok kiamat dan ditanganmu masih ada sebutir kurma, maka tanamlah”

Mari lakukan 4 M:
Membaca, Menulis, Mengajar, Menanam, insya Allah manfaat besarnya akan kita rasakan. Wallahu a’alam bisshowaab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *