Agus Fatah : An Nahl Ecofarm Berjaya Di Idul Adha 1442 H

FOKUSATU-Sejak digulirkannya program AN NAHL EcoFarm oleh Manajemen AN NAHL Islamic School 6 bulan lalu, Team AN NAHL Ecopark yang diamanahi mengelola AN NAHL Ecofarm bergerak cepat mempelajari seluk beluk peternakan kambing, mulai dari studi kelayakan, investasi dan prospek bisnisnya.

Team AN NAHL EcoFarm yang dipimpin oleh Mr. Syarif secara serius dan marathon membuat studi kelayakan, perencanaan dan anggaran investasi proyek AN NAHL EcoFarm. Team juga melakukan pembelajaran secara cepat, menemui para peternak dan pemasok kambing dan sapi mulai dari Jonggol
Farm, Pasar kambing Jonggol, Gunung putri hingga ke wilayah sawangan Bogor.

Dari hasil pembelajaran tersebut maka team memutuskan untuk serius beternak kambing dan menyiapkan sarana pendukungnya, seperti kandang dan stock pakan. Dipilihnya kambing sebagai pilihan utama usaha peternakan AN NAHL EcoFarm dimaksudkan dalam upaya menghidupkan sunnah Nabi (beternak kambing), wahana edukasi siswa dan memenuhi kebutuhan hewan qurban di AN NAHL Islamic school.

Usai Idul Fitri 1442 H team AN NAHL EcoFarm langsung tancap gas, membeli sebanyak 25 ekor kambing dari beberapa peternak. Sebagian kambing tersebut dipelihara di kandang Ecopark dan sebagian lainya baru diambil saat mendekati pemotongan hewan Qurban Idul Adha 1442 H.

Berkat dukungan manajemen AIS, guru, siswa, wali murid, karyawan dan panitia Idul qurban, alhamdulillah, AN NAHL EcoFarm, qodarullah berjalan sukses sesuai yang direncanakan.
Puncaknya, pada satu hari menjelang Idul Adha 1442 H, AN NAHL EcoFarm berhasil menjual 26 ekor kambing.

Tentu keberhasilan ini adalah berkat pertolongan Allah yang patut disyukuri. Kerja kompak team Ecofarm juga patut diacungkan jempul terutama team penyedia pakan : Pak Somad, Pak Jimin dan Mas Said.

Dari proyek perdana AN NAHL EcoFarm ini, team banyak belajar banyak hal antara lain;
Pertama, untuk memulai bisnis, diperlukan perencanaan yang matang mulai dari studi kelayakan, pembuatan anggaran, pemasaran hingga hal hal teknis yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

Kedua, dibutuhkan semangat belajar dan berusaha sampai berhasil, istiqomah dengan niat yang kuat dan lurus.

Ketiga, dibutuhkan kerja sama team yang kompak dan saling mendukung

Keempat, dibutuhkan kecintaan, keseriusan, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dan berjuang dengan riang.

” Mencintai apa yang anda kerjakan, insya Allah yang anda cintai akan mendatangkan keberkahan”

Seluruh team AN NAHL EcoFarm mengucapkan terimakasih atas dukungan manajemen AIS, guru, siswa, wali murid, karyawan dan panitia Idul Qurban atas dukungannya pada proyek AN NAHL Ecofarm, Jazakumullah khairan Katsiro.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *