Abdul Latief Di Daulat Kembali Jadi Ketua RT 011/10 Kelurahan Duren Sawit

FOKUSATU-RT 011/10 Kelurahan Duren Sawit,menerapkan Pergub DKI Jakarta No. 22 Tahun 2022 tentang RT dan RW.

Selain peresmian JIS, Tebet Eco Park, event Formula E, 22 nama jalan baru di Jakarta, salah satu hal yang juga sering dibicarakan orang pada akhir masa jabatan Gubernur Anies Baswedan adalah ditetapkan dan ditandatanganinya Peraturan Gubernur No 22 Tahun 2022 tertanggal 28 April 2022 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

Pergub yang dianggap oleh sebagian warga Jakarta memberikan peluang bagi para Ketua RT atau RW yang sudah menjabat 2 (periode) dapat berkesempatan menjabat lagi sampai 2 (dua) periode lagi, bahkan bisa sampai seumur hidup.

Dalam Pergub tersebut telah diatur soal masa jabatan pengurus RT dan Pengurus RW selama 5 (Lima) tahun. Dalam Pergub yang baru pasal 28 berbunyi.

(1) Masa jabatan Pengurus RT atau Pengurus RW selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Lurah.

(2) Pengurus RT atau Pengurus RW hanya dapat menjabat paling
banyak 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

(3) Penetapan, 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terhitung sejak terpilihnya Pengurus RT atau Pengurus RW yang berdasarkan Peraturan Gubernur ini.

4) Pengurus sementara RT atau pengurus sementara RW tidak masuk dalam perhitungan 2 (dua) kali masa jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2).

Dengan demikian ada peluang menjadi ketua RT seumur hidup, yang harusnya berdasarkan pergub 171 tahun 2016, mereka ketua RT dan RW sudah tidak bisa dicalonkan kembali karena sudah 2 periode, dengan adanya pergub yang baru No.22 Tahun 2022 yang diundangkan tertanggal 17 Mei 2022, dapat kembali melanggengkan kekuasaannya kembali, bahkan bisa sampai seumur hidup.

Hal ini terjadi karena warga biasanya dalam acara pemilihan enggan mencalonkan diri menjadi ketua RT atau RW jika Ketua lama masih ingin mencalonkan atau dicalonkan kembali. Warga akan memilih yang sudah biasa menjabat Ketua RT dan RW itulah kebiasaanya.

Pada tanggal 21 Juni 2022, telah diselenggarakan Musyawarah Pemilihan Ketua RT.011/RW.010 Kelurahan Duren Sawit dengan menerapkan Pergub No. 22 Tahun 2022. Pelaksanaan Pemilihan Ketua RT yang sering disingkat menjadi PILKATE dilakukan secara serentak di Wilayah RW.010 Kelurahan Duren Sawit, karena masa jabatannya berakhir di bulan Juli 2022.

Abdul Latif, Ketua RT.011/RW.010 Duren Sawit Jakarta Timur yang didaulat kembali oleh warganya untuk menjabat lagi untuk periode berikutnya, yaitu tahun 2022-2027 adalah wilayah pertama di Kelurahan Duren Sawit yg menerapkan Pergub No. 22 Tahun 2022 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

“Alhamdulillah, pelaksanaan PILKATE di Wilayah RT.011/010 Duren Sawit berjalan kondusif. Warga menyambut baik terbitnya Pergub No.22 Tahun 2022. Semoga pelaksanaan PILKATE di tempat lain di wilayah RW.10 Duren Sawit khususnya juga berjalan kondusif dan memberikan kemaslahatan bagi warga.” Ujar Abdul Latif.

Dalam Periode kedua ini, Abdul Latif menekankan penguatan sinergisitas, soliditas dan partisipasi aktif dari warga.

Bagi Abdul Latif, pencapaian yg diraih pada periode sebelumnya sebuah keberhasilan kolektif bukan personal. Partisipasi aktif dari warga adalah bagian dari keberhasilan kolektif dan mempunyai yang sangat tinggi bagi kehidupan bermasyarakat.

Hadir dalam acara Musyawarah Pemilihan Ketua RT tersebut Waldi Septri, Sekretaris Kelurahan Duren Sawit, Syukur Yakub, Ketua RW.010 sekaligus sebagai Ketua Panitia Pemilihan, Andra Bani Sagalane, SH, MH, LMK RW.010, Ust. H. Ahyatullah, Tokoh Agama kampung Cilungup Duren Sawit.

Acara berakhir pukul 22.15 WIB, panitia dan peserta membubarkan diri dengan tertib dan kondusif yang diakhiri dengan photo bersama dan santapan malam. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *