Rasulullah SAW Dan Habib Umar Bin Hafidz Merupakan Potret Tawadhu Dan Kesederhanaan

FOKUSATU-Rasulullah SAW dan Siidil Habib Umar bin Hafidz sebuah potret tawadhu’ dan kesederhanaan

“Apakah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW di rumahnya ? ”

Waktu itu para sahabat bertanya penasaran, apa kiranya pekerjaan yang dilakukan manusia termulia itu sehari-harinya. ? Apakah mahluk suci tanpa dosa itu juga melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah seperti manusia biasa pada umumnya ? Sayyidah Aisyah kala itu menjawab :

“Beliau sama seperti manusia biasa, beliau menambal baju, memerah susu, dan melayani dirinya sendiri”.

Khodim beliau, Anas Bin Malik juga menceritakan :

“Rasulullah Saw adalah manusia paling luas budi pekertinya. Jika beliau ada di rumah, pekerjaan yang paling sering beliau lakukan adalah menjahit. Beliau melakukan apa yang dilakukan manusia biasa. Beliau mengambil ini, menaruh itu, menyapu rumah, memotong daging di dapur, dan membantu pekerjaan khodimnya.. ”

“Suatu hari aku memasuki pasar bersama Rasulullah SAW”., kenang Abu Hurairah. “Beliau membeli sebuah celana, membungkus dan membawanya. Aku menawarkan diri untuk membawakannya, tapi beliau menolak dan berkata :
“Pemilik barang lebih berhak untuk membawa barangnya .. ” .

Siidil Habib Umar, seperti diceritakan oleh sebagian santrinya, masih sering memasak sendiri ketika beliau sedang tidak ingin merepotkan keluarga dan para khodimnya.
Dulu, dalam setiap safari dakwahnya, sejak dahulu beliau juga sering membawa sabun cuci, agar beliau dapat mencuci baju sendiri disela-sela kesibukan dakwahnya tanpa harus merepotkan orang lain. Foto ini adalah salah satu potret ketawadhu’an beliau. Tatkala beliau, seorang ulama besar dengan ribuan murid dan pengikut, masih mau berdiri menyiapkan sajian dan melayani para tamu..

Jika Rasulullah SAW dan para pewarisnya seperti itu, masak kita yang bukan siapa-siapa ini masih mager dan gengsi buat ngelakuin sendiri pekerjaan-pekerjaan di rumah kita ? (Nyindir diri sendiri, bukan kalian ).

Ma shaa Allah..

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Copas dari FB Lora Ismael Al Kholilie :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 33 = 36