Riwayat Singkat Al Habib Ali Masyhur Bin Hafidz

FOKUSATU-Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un 

Telah wafat ulama’ besar kota tarim dan dunia berkabung atas wafatnya beliau .

Beliau al imam al a’llamah al fagih annassabah al habib ali masyhur bin muhammad bin salim bin hafidz bin syekh abubakar bin salim kaka dari guru mulia al imam al musnid al murabbi al a’llamah al habib umar bin hafidz .

Seperti kita tau kota tarim sangat banyak orang alim , soleh dan wali . Juga mereka yg berkedudukan mufti pun tidak sedikit , namun untuk di pilih menjadi mufti ketika ada problem di dunia tidak sembarang mufti dapat memberikan fatwanya hanya orang2 terpilih yg duduk di lembaga majlis ifta’ tarim. Dari sini kita tau keilmuan dan kedudukan para mufti yg terpilih di kota sejuta wali itu .
Majlis ifta’ kota sejuta wali ini di pimpin oleh singa tarim ialah al imam al fagih annassabah al habib ali masyhur bin hafidz .

Di zaman ini di seluruh dunia mungkin hanya ada 2 atau 3 pakar nasab salah 1nya ialah al habib masyhur bin hafidz krn itu beliau mendapat titel annassabah / pakar nasab . Ilmu yg sangat jarang di pelajari di akhir zaman terlbih untuk di kuasai.

Beliau di lahirkan di kota tarim pada tanggal 13 ramadhan 1358 hijriyah / 5 november 1939 masehi .
Beliau menghabiskan umurnya hanya untuk menuntut ilmu agama dan mengajar dan ibadah tentunya . Beliau mengarungi lautan ilmu semenjak usia sangat belia bahkan di katakan semenjak kuku jemari beliau masih sangat lunak .

Di kota tarim khususnya dan di belahan dunia umumnya rata2 mereka yg menjadi ulama di saat ini sebegian besar murid beliau atau murid dari murid beliau . Saya rasa dengan ini cukup mengungkapkan sosok beliau . Jika anda ingin tau seberapa hebatnya pohon maka lihatlah buah2nya . Ya memang ironis ketika orang memuji muji buah yg di santapnya dan dia melupakan asalnya / pohonya . Beliau laksana pohon yg sangat besar membuahkan buah buah amat segar yg dapat di nikmati oleh semua kalangan tanpa kecuali .

Rata2 yg melihat beliau secara langsung merasakan kewibawaan dan ketegasan beliau namun Terbalut dgn selimut Rahmat kasih sayang yg tebal , dan hal ini saya telah menyaksikanya langsung .

Beliau termasuk murid dari ulama’ terdahlu krn beliau mengalami beberapa Era ulama’-ulama’ terkemuka bahkan wali wali besar di eranya .

Beliau kaka dari Guru mulia habibana umar bin hafidz sekaligus layaknya orang tua guru mulia .
Guru mulia diasuh oleh beliau juga di didik oleh beliau krn sprti kita tahu guru mulia di tinggal wafat oleh ayahnya di saat masih belia , bahkan istri beliau pernah menyusui guru mulia .

Beliau salah 1 pondasi kokoh kota tarim umumnya dan lembaga pendidikan Darul musthofa khususnya .

Pada mulanya guru mulia al habib umar bin hafidz ingin mendirikan lembaga pendidikan di kota syihir namun atas permintaan kakandanya al habib masyhur agar di dirikan di kota tarim , itu semua hasil istikharah , isyarah dan bisyarah tentunya . Maka pada tahun 1994 masehi terbangunlah lembaga pendidikan darul mushtofa di tarim dan beliau juga termasuk pendirinya . Bukan rahasia lagi darul musthofa telah mencetak ulama’ di belahan dunia dari kalangan habib maupun Non habib .
Krn pelajarnya pun yg datang dari seluruh dunia mulai dari indonesia , malaysia , singapura , thailand dan berbagai negara di asia seluruhnya , juga dari inggris , amerika , jerman , prancis dan berbgai negara di pelosok eropa . Mesir , Tanzania , zanjibar , dan negara2 lainya di pelosok afrika .

Al habib ali masyhur di kenal sebagai pengajar dan pendidik yg tak pernah lelah apalagi jenuh .
Semangatnya tak pernah padam dalam mendidik murid2nya maka tak heran jika di belahan dunia ini adalah muridnya atau murid dari murid beliau .
Betapa banyak wanita wanita yg menjadi ulama terkemuka hasil gemblengan dan perasan keringat beliau .

Al hamduliLLAH punggung negri tercinta indonesia pernah di pijak oleh telapak kaki mulia beliau .

Hhmm.. ya .. tulisan ini di rasa tidak cukup untuk mengungkap keindahan , ke zuhudan , ke gigihan dan seluruh ke muliaan beliau .
Tulisan ini adalah goresan mungil bagai jarum yg mencoba tuk menggores samudra yg tak bertepi .

Akhirnya beliau wafat tgl 25 mei 2020 bertepatan  2 syawal 1441 menjelang dini hari dan akan di semayamkan 3 syawal 1441 26 mei 2020 pukul 15:30 waktu tarim. 

Beliau kembali ke dekapan rahmat ALLAH yg MAHA PENGASIH LAGI PENYAYANG .
Langit dan bumi berkabung atas wafatnya beliau .

Dalam hadits :
Sesungguhnya ALLAH Swt. Tidak akan mencabut ilmu dari muka bumi begitu saja dari dada hamba2nya , akan tetapi di cabutnya ilmu dari muka bumi dengan cara diambilnya para ulama , sehingga ulama tak tersisa di muka bumi . Lalu umat manusia menjadikan orang orang bodoh / jahil sebagai ulama. Akhirnya mereka membimbing / memberi solusi / menjawab tanpa landasan ilmu , mereka tersesat dan menyesatkan .
Muttafaqun a’laih

Saya tidak bisa mengucapkan terkecuali dengan ucapan kaum sholihin ketika mendapat musibah : “inna liLLAH wa inna ilaihi raji’un”
Yang maha kekal hanyalah ALLAH Swt .

Semoga ALLAH mempertemukan beliau dengan kakeknya nabi agung MUHAMMAD Saw dan meridhoinya .
Begitu juga sang penulis dan pembaca khususnya , muslimin muslimat umumnya mendapat manfaat dari ilmunya , amalnya , asrornya , nafahat dan doa doa yg di panjatkan oleh beliau ..
Aamin …

Moga pemalang jateng 05:30wib 26 mei 2020 / 3 syawal 1441 hijriyah
Zen bin umar alattas(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 4