30 Mei 402 Tahun Yang Lalu

FOKUSATU-Hari ini,30 Mei  402 tahun lalu, tahun 1619 Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta dan mengganti namanya menjadi Batavia. Dia adalah orang yang menaklukkan Jayakarta. Kota pelabuhan simbol kejayaan Kesultanan Banten itu hancur-lebur, dan di atas puing-puingnya didirikan kota baru yang kemudian diberi nama Batavia, cikal-bakal Jakarta.

Nama ini dipilih untuk mengenang suku bangsa Germania yang disebut oleh C. J. Caesar dalam bukunya Bellum Gallicum (50 SM) yaitu Batavir yang menghuni daerah di sekitar mulut Sungai Rhein, yang dianggap leluhur orang Belanda.

Coen sebenarnya tidak sepakat dengan penamaan Batavia. Ia semula membayangkan, kota baru yang dibangunnya nanti akan persis dengan Hoorn, kota kelahirannya di Belanda. Pada abad ke-17 itu, Hoorn adalah salah satu kota penting di negeri kincir angin dan perannya tidak kalah krusial dengan Amsterdam.

Nieuw Hoorn alias Hoorn Baru, itulah nama yang ingin disematkan Coen sebagai pengganti Jayakarta. Tapi, hasrat tersebut tidak pernah terwujud. Penguasa yang lebih tinggi di Belanda menamakan tempat itu Batavia. Yang kemudian dikenal sebagai pusat kekuasaan dan ekonomi selama masa pendudukan Belanda di Indonesia.

*Dari berbagai sumber.

Poto : Lukisan Batavia karya Adrianus Johannes Bik. (KITLV).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *