Refleksi 11 Tahun Bawaslu DKI Jakarta Gelar Doa Lintas Agama dan Penguatan Kelembagaan Mengundang Disabilitas dan Stackholder

FOKUSATU– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta merayakan hari ulang tahun (HUT) kesebelas pada Senin, 16 Oktober 2023 di halaman kantor Bawaslu DKI Jakarta,Jl MT Haryono,Jakarta .

Penampilan tari ronggeng mengawali acara 11 tahun Bawaslu DKI Jakarta di lanjutkan dengan penampilan musik dari yayasan difabel Indonesia .

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI Ichsan Fuady dalam sambutan nya mengatakan,” Bertambahnya usia, Bawaslu DKI Jakarta semakin berkomitmen dan berkontribusi dalam mengawal proses pemilu legislatif,pilpres dan pilkada tahun 2024.

“Saya doakan semoga Bawaslu DKI Jakarta semakin berkomitmen, berkontribusi, dan tentu berintegritas dalam mengawal pemilu atau pilkada ke depan,” jelasnya.

Afifuddin selaku ketua panitia kegiatan dan kabag humas mengatakan, ”
Refleksi 11 tahun Bawaslu DKI Jakarta mengambil tema “Penguatan Kelembagaan Bawaslu DKI Jakarta. Dan kegiatan ini kami mengundang dari eksternal Ormas kepemudaan, mahasiswa serta unsur media.

Munandar selaku ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta , mengatakan dalam sambutan nya, ” Di Usia yang ke 11 tahun, Bawaslu DKI sudah banyak menorehkan sejarah kepemiluan.

Sejarah pengawasan pemilu dan pilkada oleh Bawaslu DKI Jakarta hingga saat kini berusia sebelas tahun. Menurutnya, pada Pilkada 2012, pengawasan dilakukan dengan nomenklatur pengawas pemilu (panwaslu) Ad hoc (sementara). Kemudian, di tahun yang sama pasca pilkada, lahirlah lembaga permanen atas nama Bawaslu Provinsi DKI Jakarta yang diatur dalam UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Setelah permanen, Bawaslu DKI Jakarta berkontribusi besar dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 bersama seluruh Bawaslu tingkat provinsi di seluruh Indonesia. “Jadi kalau dirunut pasca permanen, Bawaslu DKI Jakarta ini pertama mengawal Pemilu 2014,” .

Bawaslu DKI Jakarta mengawal Pilkada 2017. Pilkada 2017 di DKI Jakarta telah memunculkan istilah fenomena hoaks (berita bohong) di media sosial yang begitu menjamur.

“Kalau kita kembali mengingat sejarah Pilkada 2017, tentu kita akan teringat pula sejarah dahsyat fenomena hoaks di media sosial. Di balik itu semua, tentu berkat pengawasan jajaran Bawaslu sehingga Pilkada DKI berjalan baik,” .

Bawaslu DKI Jakarta juga telah sukses melakukan pengawasan Pemilu 2019 khusus di ibu kota negara. “Pilkada 2012 dikawal Panwaslu DKI Jakarta. Tiga hajatan besar, yaitu Pemilu 2014, Pilkada 2017, dan Pemilu 2019 telah ditunaikan dengan baik oleh Bawaslu DKI Jakarta dalam konteks pengawasan pemilu khusus dengan sangat baik,” .

Bawaslu DKI Jakarta telah ikut serta menggoreskan tinta emas dalam perjalanan proses demokrasi di Indonesia. Selamat ulang tahun yang ke sebelas Semoga semakin berkontribusi dalam mengawal pilkada maupun pemilu akan datang,” , tutup Munandar.

Kegiatan ini hadiri ketua dan anggota Bawaslu DKI Jakarta, Kepala Kesbangpol DKI Jakarta,Sentra Gakkumdu DKI Jakarta, Ketua KPU DKI Jakarta, Ketua dan anggota Bawaslu se DKI Jakarta, staf dan Kasek se Bawaslu DKI Jakarta.

Pemuka agama dari 6 Agama membacakan doa untuk pemilu 2024 agar damai, aman, berintegritas setelah pembacaan doa dilakukan pemotongan tumpeng dan makan tumpeng bersama.

Setelah ishoma kegiatan di lanjutkan dengan diskusi kepemiluan menghadirkan Mimah Susanti dan M Jufri dengan moderator Andi Maulana yang saat ini menjadi komisioner Bawaslu Jakarta Selatan .

Bersama rakyat awasi pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

46 + = 55