APD DKI Jakarta Silaturahmi ke Kesbangpol Jakpus

FOKUSATU– Rachmat Hidayat selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat menerima silaturahmi  Agus Sudono selaku Koordinator DKI Jakarta Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) , Senin (18/09).

Agus Sudono mengatakan, ” Kami berkunjung silaturahim ke Kesbangpol Jakarta Pusat sebagai rangkaian silaturahim kami setelah sebelum nya kami dari pengurus APD DKI Jakarta sudah launching waktu itu di Kesbangpol Jakarta Selatan pada tanggal 4 September lalu, kemudian kami lakukan roadshow silaturahim ke kesbangpol kota.

APD berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan, pengawasan, pemantauan, dan kontestasi dalam proses demokrasi dan pemilu.

APD, yang digawangi oleh Cak Masykur—panggilan akrab dari Masykurudin Hafidz—dan dimentori oleh puluhan pengajar dari universitas ternama, berfokus pada peningkatan kualitas demokrasi dan pemilu di Indonesia.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa APD hadir menjadi solusi dari pendidikan politik dalam kontestasi Pemilu 2024.

Dalam launching APD DKI Jakarta yangCak Masykur mengatakan, “APD telah merancang berbagai program untuk menyukseskan Pemilu 2024, antara lain:

Pelatihan/Training: Materi pelatihan mencakup strategi kampanye, manajemen saksi, komunikasi publik, dan lain-lain.

Bantuan Hukum: Asistensi profesional untuk partai politik dan calon dalam proses laporan pelanggaran pemilu. Penanganan kasus melalui koordinator daerah akan dipandu oleh para pakar Hukum Pemilu diantaranya ada
Abhan, Fritz Edward Siregar, Khairul Fahmi , Ahsanul Minan dan Nur Hidayat Sardini

Survei, Pemetaan pemilih dan penyusunan strategi kampanye.

Analisis Data, Kerjasama dengan SRD untuk memetakan perolehan suara dalam 4 pemilu terakhir.

Rekapitulasi dan Analisis Kursi: Pengumpulan hasil pemilu di TPS dan merumuskan sesuai dengan rumus perolehan kursi.

Komitmen untuk Semua Segmen Masyarakat
Selain itu, APD juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan politik dan kepemiluan untuk perempuan, pemilih pemula, masyarakat lintas agama, buruh, narapidana, dan seluruh segmen masyarakat lainnya.

“Kami berharap pihak kesbangpol bisa bersinergis dengan APD agar pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Indonesia berjalan secara demokratis, luber, jurdil, dan kondusif,” tutup Agus Sudono kepada media (AW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 4