Siapkan Program Dasar Bencana, BMH Ajak Masyarakat Meringankan Korban Musibah Maroko

FOKUSATU– Tiada kuasa bagi hamba untuk menolak kejelekan dan tidak ada kekuatan untuk meraih kebaikan, selain dengan kuasa Allah, demikian kata hikmah dari seorang ulama.

Hari Sabtu, 8 September 2023, gempa 6,8 SR melanda Pegunungan Atlas Tinggi, Maroko, menewaskan 2.122 jiwa dan melukai 2.421 lainnya. Daerah paling parah terdampak ialah Al-Haouz dan Taroudant.

Kerusakan signifikan pada infrastruktur mengakibatkan tantangan logistik, diperparah dengan gempa susulan. Guna meringankan beban saudara kita,
Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) mengajak untuk berkolaborasi dalam program tanggap bencana.

Dalam Program Tanggap Bencana ini, BMH akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan dasar, dukungan medis dan psikososial.

“Sasaran utama program ini adalah keluarga yang terkena dampak, individu yang terluka atau trauma, dan komunitas dengan kerusakan infrastruktur, dengan target 1.000 jiwa penerima manfaat ,” terang Direktur Program dan Pemberdayaan Laznas BMH Pusat, Zainal Abidin, Rabu (12/9/2023).

“Mari bersama-sama bangun kembali harapan dan kehidupan warga Maroko pasca-bencana,” tutupnya.

Bantuan Lintas Negara

Sebagai tanggung jawab keumatan, sejak kelahiranya, Laznas BMH terus hadir membantu masyarakat, termasuk lintas negara. Belum lama ini, BMH ikut membersamai warga penyintas gempa bumi di Turkiye yang menelan tidak kurang 50.000 jiwa.
“Alhamdulillah atas kepercayaan umat, Laznas BMH dapat terus membagikan paket sembako kepada para penyintas gempa di daerah Kirikhan dan juga paket ifthor untuk ratusan penyintas gempa Turkiye yang sebagian berasal dari Suriah,” terang Koordinator Program BMH di Turkiye, Dhiyuddin.
Bersama NGO local, tim BMH di Reyhani dan wilayah Kirikhan, BMH membuat dapur umum, memberikan hidangan spesial untuk ifthor para penyintas bencana yang sedang buka puasa.
Laznas BMH juga membagikan paket pangan kepada ratusan penyintas bencana gempa di sambung dengan pembagian uang cash bagi mereka.
Selain dengan para warga, Laznas BMH juga berbagi kebahagiaan serupa dengan anak-anak pengungsi yang dilengkapi dengan kegiatan membaca Alquran bersama-sama di masjid darurat.
Link bantuan untuk Bencana Gempa Maroko: https://donasi.bmh.or.id/Pray%20For%20Maroko

Keterangan:

Untuk diketahui, BMH saat ini ada 118 kantor layanan seluruh Indonesia, dengan 34 kantor perwakilan di tingkat propinsi.

BMH dikukuhkan sebagai Lembaga Zakat Nasional (Laznas) oleh Kementrian Agama RI dengan SK No. 425 Tahun 2015, sesuai ketentuan UU Zakat No. 23/2011.

Miliki sekitar 300 jaringan pondok pesantren yang dimiliki di seluruh Nusantara, BMH memiliki juru bina lebih 5213 dalam “Program Dai Tangguh”, yang menyebar di daerah-daerah terpencil dan pedalaman Indonesia.

Tahun 2022, Institut Fundraising Indonesia (IFI) memberikan penghargaan BMH terima 4 penghargaan;

1. Best of The Best Fundraising Program Infak Sedekah Terbaik 2022.
2. Best of The Best Fundraising ZIS Berbasis Ormas Terbaik 2022.
3. The Best of Fundraising Kurban Terbaik 2022.
4. The Best Fundraiser Terbaik 2022.

Tahun 2022 Laziz BMH mendapatkan _Anugerah Syariah Republika Tahun 2022_ dalam kategori “Lembaga Filantropi Pemberdayaan Dai Terbaik”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

67 − = 58