Konsen Penguatan Moderasi Beragama Subdit PAI PTU Diktis Menjadi Pionir ToT Moderasi Beragama dan Bela Negara Bagi Dosen PAI Pada PTU

FOKUSATU– Subdit PAI PTU Diktis. Salah satu isu yang sentral dan harus menjadi arus utama adalah Penguatan moderasi beragama. Karena salah satu Program Prioritas Menteri Agama dan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Oleh karena itu Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum (Subdit PAI PTU) Direktorat Pendidikan Islam bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama mengadakan Training of Trainer (ToT) Penguatan Moderasi Beragama bagi dosen-dosen PAI pada perguruan tinggi umum.

“Dalam kesempatan ini Kasubdit PAI pada PTU Direktorat Pendidikan Islam Dr. Munir menyampaikan bahwa Kegiatan yang diselenggarakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 24-29 Juli 2023 tersebut diikuti oleh Dosen-Dosen Pendidikan Agama Islam dari berbagai kampus Umum negeri maupun swasta diantaranya UI, UGM, UNAIR, UM, UNJ, UNS, UPI, UNINUS, UNISMA, UMM, UNPAM dan beberapa kampus lainnya. Kegiatan ToT Penguatan Moderasi Beragama yang pertama diselenggarakan di lingkungan Diretorat Pendidikan Islam dalam hal ini Subdirektorat Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum,” Ungkap Munir.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Seluruh Indonesia (ADPISI). Dr. Andi Hadiyanto menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Kasubdit PAI PTU DIktis Kementerian Agama RI yang telah memfasilitasi dosen-dosen PAI pada PTU untuk ditraining terkait dengan penguatan moderasi beragama. Karena hal ini sangat penting mengingat dosen-dosen PAI pada PTU jarang tersentuh kegaitan atau penguatan moderasi beragama.

Dalam kesempatan itu, Dr. Andi berharap “Dosen-dosen PAI pada PTU dapat menjadi motor penggerak moderasi beragama di kampusnya masing-masing, kegiatan ini juga sebagai bentuk komitmen Dosen-dosen PAI pada PTU dalam kecintaan terhadap profesi, bangsa dan Negara.” Ujar Andi

Kegiatan yang dibuka secara Daring oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof.Dr. Muhammad Ali Ramdhani ini, bertujuan menyiapkan trainer atau pelatih yang siap menjadi fasilitator dalam program Penguatan Moderasi Beragama (PMB), baik pelatihan, orientasi, maupun sosialisasi di Kampus masing-masing. Dalam kegiatan ini ada 40 Dosen yang mengikuti ToT.

Ali membuka TOT secara resmi di Di Days Hotel Airport Tangerang didampingi Direktut Pendidikan Islam Amrullah dan Kasubdit PAI pada PTU Dr. Munir (24/07). Dalam arahannya, Ali menegaskan pentingnya pengarusutamaan moderasi beragama yang menyasar ke seluruh komponen, dalam hal ini termasuk Dosen-dosen yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan. Selain itu perlunya menyiapkan SDM memiliki sikap moderat. “Oleh karena itu dalam rangka mencetak SDM kompeten dan moderat perlu trainer yang siap mengaktualisaikan nilai-nilai moderasi beragama khususnya pada lingkungan kampus umum,” ungkap Ali.

Dalam Pelaksanaanya ToT Penguatan Moderasi Beragama ini melibatkan 3 (tiga) orang Instrukutur Nasional dan seluruh tahapan dari Training Penguatan Moderasi Beragama ini dilaksanakan dengan tertib dan lancar dengan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. JM Muslimin yang menyampaikan materi Resolusi Konfolk dan Moderasi Beragama, Wakil Ketua Umum PBNU KH. Zulfa Musthofa materi Landasan Teologis dan nilai-nilai Moderasi Beragama; Prof. Dr. Oman Faturrohman dengan materi Moderasi Beragama: Urgensi dan Pesan Kunci dan Konsultan PMB Allisa Wahid dengan materi Kepeloporan. Sedangkan materi Bela Negara disampaikan oleh Kasubdit Pendidikan dan pelatihan Bela Negara Kemnhan Kolonel Nur Rohmat

Rangkaian kegiatan tersebut diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta kegiatan ToTPenguatan Moderasi Beragama ini dengan tertib dari awal sampai akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

76 − = 70