Romo Muhammad Syafii: Indonesia Butuh Pemimpin Kuat dan Pemersatu Bangsa

FOKUSATU– Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI), Romo H.R Muhammad Syafii silaturahmi ke Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur Selasa 23 Mei 2023.

Dalam kunjungannya, Romo Muhammad Syafii didampingi sejumlah pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (APTSI).

Diketahui, Pesantren Mahasiswa Al Hikam didirikan oleh mendiang almarhum KH Hasyim Muzadi.

Romo Muhammad Syafii disambut langsung oleh keluarga besar almarhum Hasyim Muzadi, Nyai Hj Mutammimah istri almarhum.

Politisi yang juga aktif dalam dunia dakwah tersebut, banyak berdiskusi terkait isu-isu aktual di lingkup pesantren dan kondisi umat Islam.

“Dalam obrolannya kami sepakat melaksanakan Islam secara Kaffah yang dimaknai sebagai Islam yang kembali ke Al-Qur’an dan hadis,tanpa intervensi suatu mazhab,” ungkap Romo Muhammad Syafii dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/5/2023).

Lebih jauh, kata Romo Muhammad Syafii, begitupun dalam memilih pemimpin, Indonesia butuh pemimpin yang bisa menjadi pemersatu bangsa.

“Pemimpin yang bisa membawa kedamaian, pemimpin yang kuat dalam menghadapi perbedaan pendapat, dan mampu membawa Indonesia menjadi Negara yang disegani Nasional maupun Internasional,” terangnya.

Sehingga kedepannya tidak ada lagi pihak asing yang bisa memecah persatuan Indonesia.

Lebih jauh, kata Romo Muhammad Syafii lingkungan pesantren memiliki peran strategis terkait arah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita tahu bahwa pesantren merupakan laboratorium kepemimpinan bangsa. Pesantren tempat lahirnya banyak gagasan besar bangsa,” tambahnya lagi.

Pada akhir kunjungan Romo Syafii bersama pengurus APTSI Prof.Dr. M.Daniel Rosyid, Ir. Alfian Usman, Ir. Hasanuddin dan rekan lainnya memberikan buku Paradoks Indonesia karya H.Prabowo Subianto untuk memperkaya literasi para Santri di Pesantren Al Hikam.

(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − 47 =