Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Melakukan Komitmen Bersama Dan Mou Bersama 18 Parpol Pemilu Tahun 2024

FOKUSATU– Dalam Upaya pencegahan Politik Uang, Politisasi Sara Dan Ujaran Kebencian Menuju Pemilu yang Berintegritas Jakarta, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan komitmen bersama Dan Mou Bersama 18 Parpol Pemilu Tahun 2024 di fave hotel PGC,Jakarta Timur, Jumat (26/05).

M Afifudin selaku Kabag Pengawasan ,humas dan Datin Bawaslu DKI Jakarta mengatakan dalam sambutan nya,” Kegiatan ini dilakukan untuk saling mengenal antar peserta pemilu dan berkomitmen bersama agar pemilu berintegritas,damai.

Tahapan Pemilu serentak nasional telah dilaksanakan sejak 14 Juni 2022, dan pada tanggal 14 Februari 2024 pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Lebih lanjut Siti Rakhman selaku anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta mengatakan dalam sambutan nya, Bawaslu DKI Jakarta memiliki Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) sebesar 88,95, tertinggi seluruh Provinsi se-Indonesia sehingga perlu melakukan langkah-langkah strategis mengoptimalkan Pencegahan dan pengawasan
Pemilu untuk menjaga demokrasi agar Pemilu dapat berjalan dengan aman tertib, damai,berintegritas, tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan politik uang,

Salah satu langkah Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas yaitu dengan aktif membangun komunikasi dan kerjasama dengan peserta pemilu untuk mengedepankan pencegahan pelanggaran pemilu, berpartisipasi dan menjadi elemen kunci penentu integritas pemilu.

Bawaslu Provinsi DKI Jakarta secara kelembagaan mengajak 18 partai politik peserta pemilu tahun 2024 di wilayah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan Komitmen Bersama dan Penandatangan MoU dalam upaya pencegahan politik uang, politisasi SARA dan ujaran kebencian menuju pemilu yang berintegritas.

Hal ini merupakan ikhtiar Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dalam upaya menjaga kualitas demokrasi agar pemilu berjalan sesuai asas Luber dan Jurdil, sebagaimana telah diamanahkan Undang-undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta,
Dr. Sitti Rakhman, S.P., M.M selaku Koordinator Divisi Humas, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

60 − 58 =