KISUCI-KP2C Menjalin Kerjasama Perlindungan dan Konservasi Sungai Cikeas

FOKUSATU– Komunitas Iklim Sungai Cikeas (KISUCI) bersama Komunitas Peduli Sungai Cikeas-Cileungsi (KP2C) sepakat menjalin kemitraan dalam rangka memperkuat upaya perlindungan dan konservasi kawasan DAS Sungai Cikeas.

Ketua KISUCI, Dr. Hayu Prabowo, menjelaskan dalam Permohonan kemitraan yang disampaikan oleh KISUCI kepada KP2C merupakan langkah yang positif dalam memperkuat upaya perlindungan sungai tersebut.

“Melalui kolaborasi ini, diharapkan upaya perlindungan dan konservasi sungai dapat ditingkatkan, serta kesadaran masyarakat sekitar semakin meningkat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan,” kata Hayu dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Ahad (21/5).

KP2C dengan senang hati menerima tawaran kemitraan dari KISUCI dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam menjaga kelestarian Sungai Cikeas sebagai aset berharga bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Kunjungan ini menjadi momen yang sangat berarti bagi kedua komunitas dan menandai langkah awal dalam membangun kemitraan yang saling menguntungkan.

KP2C dan KISUCI berkomitmen untuk bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi Sungai Cikeas dan lingkungan sekitarnya.

Kesepakan ini terjalin melalui tindak lanjut potensi pemberdayaan masyarakat atas kunjungan KP2C ke Komunitas KISUCI yang berlokasi di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (15/5).

Kunjungan delegasi KP2C yang dipimpin ketuanya Puarman pada acara sekaligus peresmian KISUCI sebagai komunitas pecinta sungai ini disambut oleh Ketua KISUCI, Dr. Hayu Prabowo, dengan antusias.

Dalam kunjungan KP2C ke KISUCI, kedua komunitas ini bertemu dan menjalin diskusi yang konstruktif.

KP2C memberikan apresiasi terhadap upaya KISUCI dalam mempromosikan kesadaran lingkungan dan mengambil langkah-langkah nyata untuk melindungi Sungai Cikeas.

KISUCI atau Komunitas Iklim Sungai Cikeas, Sentul, Bogor, merupakan sebuah kelompok masyarakat yang berfokus pada masalah lingkungan, khususnya iklim dan sungai di wilayah Sungai Cikeas di Sentul, Bogor.

Komunitas ini terdiri dari individu-individu yang peduli terhadap lingkungan dan bekerja sama untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan berkelanjutan terhadap perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim.

Mereka memiliki tujuan utama yaitu pelestarian Sungai Cikeas, mitigasi perubahan iklim, advokasi dan penyadaran masyarakat.

Dalam kegiatan sehari-hari, KISUCI melaksanakan berbagai kegiatan seperti edukasi dan praktik lapangan, pembersihan dan pemantauan sungai, penghijauan dan penanaman pohon, serta edukasi dan pelatihan.

Melalui kegiatan-kegiatan ini, mereka berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan, serta mengambil langkah-langkah nyata untuk melindungi lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 + = 48