PROGRAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PARENTING” DI LABUAN BAJO

FOKUSATU – Jakarta, 18 Oktober 2021 – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII – salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan RI – melalui program tanggung jawab sosialnya (Corporate Social Responsibilities/CSR) pada (18/10), melaksanakan Progam CSR Pendidikan – Pelatihan untuk para pendidik yang bertema “Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Parenting” yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Meeting, ini melibatkan pemangku kepentingan yaitu Pemerintahan Daerah melalui Dinas Pendidikan Labuan Bajo dan Sekretaris Daerah Manggarai Barat, Guru Berprestasi, Guru TIK, dan Guru BK sebagai perwakilan sekolah di tingkat SD sampai SMA di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai NTT.

Adapun tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan para guru untuk mampu lebih memahami potensi posisi dirinya dari berbagai sisi, sehingga mampu menjadi pendidik yang efektif, menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul. Menjadi guru yang paham cara mengajar untuk membentuk karakter seorang anak, dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran dan sumber belajar serta menciptakan lingkungan belajar yang baik, termasuk memilih pola asuh yang digunakan (berbasis pendekatan parenting).

“Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat di sekitar proyek infrastruktur yang didukung salah satunya adalah proyek Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo yang diberikan penjaminan oleh PT. PII, kami sebagai SMV dibawah Kemenkeu, melalui CSR PT PII melaksanakan beberapa program yang bertujuan untuk mempersiapkan para guru agar mampu dalam memahami potensi posisi diri dari berbagai sisi, sehingga mampu menjadi pendidik yang efektif dan menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul di NTT khususnya Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai. Salah satu programnya adalah penerapan strategi pembelajaran dan sumber belajar, serta menciptakan lingkungan belajar yang baik. Termasuk memilih pola asuh yang digunakan berbasis parenting”, jelas Direktur Utama PT. PII, M. Wahid Sutopo pada sambutannya.

Sebagai informasi, Program ini secara spesifik ditujukan untuk para kepala sekolah dan guru di level pendidikan dasar dan lanjutan. Program ini secara detail adalah mentarget peningkatan pengetahuan dan ketrampilan soft- skill dan pembangunan karakter, berbasis pendekatan parenting di era modern (millenial). Program ini juga menyasar kemungkinan untuk perluasan sosialisasi program terkait, kepada lingkungan guru dan kepala sekolah, dari para peserta yang telah mengikuti program ini, dengan cara implementasi langsung melalui berbagai penugasan-penugasan secara berkala.

PT PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA (PERSERO)

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/ PT. PII memiliki tujuan sebagai BUMN penggerak utama yang aktif dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Selain itu juga memastikan percepatan pemenuhan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memberikan penjaminan dan nilai tambah bagi pembangunan infrastruktur yang memiliki dampak kemanfaatan yang paling besar kepada masyarakat Indonesia, melindungi kepentingan Pemerintah dalam pemenuhan pembangunan infrastruktur melalui proses yang transparan dan akuntabel dan meningkatkan kepercayaan dari pihak investor dengan memberikan kenyamanan berinvestasi dan kepastian pembayaran atas klaim risiko kerugian suatu proyek infrastruktur yang dikerjasamakan.

PT. PII aktif melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) sebagai bentuk kepedulian perusahaan ditujukan kepada dukungan kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi proyek infrastruktur yang didukung oleh PT. PII.

Fokus program CSR PT. PII adalah utamanya pada bidang pendidikan sebagai bentuk investasi perusahaan jangka panjang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia komunitas masyarakat disekitar proyek infrastruktur sebagai bagian dari mitigasi dampak sosial dari pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

Dalam pelaksanaan program CSR nya, PT. PII melibatkan institusi pendidikan dan lembaga sosial masyarakat / LSM setempat sebagai mitra kerjasama yang memiliki pengetahuan dan kearifan lokal untuk dapat lebih efektif menjangkau dan memenuhi kebutuhan sesungguhnya dari komunitas masyarakat yang dituju. Pelaksanaan program senantiasa melibatkan peran serta warga masyarakat untuk meningkatkan rasa memiliki warga.

Sampai dengan Oktober 2021 ini, PT. PII telah memberikan penjaminan kepada total 34 proyek yaitu 28 proyek KPBU dan 6 proyek Non-KPBU. Adapun 28 proyek KPBU terdiri dari 6 sektor yaitu Proyek Sektor Jalan yaitu 13 Jalan Tol (Batang – Semarang, Balikpapan – Samarinda, Pandaan – Malang, Manado – Bitung, Jalan tol layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed, Krian – Legundi – Bunder – Manyar, Cileunyi – Sumedang – Dawuan, Serang – Panimbang, Probolinggo – Banyuwangi dan Jakarta – Cikampek II Sisi Selatan, Semarang – Demak, Solo – Yogyakarta – Nyia Kulon Progo dan Yogyakarta – Bawen) dan 2 Proyek sektor Jalan Non-Tol (Jalan Lintas Timur Sumatera Selatan dan Jalan Lintas Timur Riau), 4 Proyek Sektor Telekomunikasi (Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur serta Satelit Multifungsi), 1 Proyek Sektor Ketenagalistrikan (PLTU Batang), 6 Proyek Sektor Air Minum (SPAM Umbulan, SPAM Bandar Lampung, SPAM Semarang Barat, SPAM Pekanbaru, SPAM Jatiluhur I dan SPAM Kariyan – Serpong), dan 2 Proyek Sektor Transportasi (Kereta Api Makassar – Parepare dan Bandar Udara Labuan Bajo).

Sementara itu, 6 Proyek Non-KPBU yaitu Proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Proyek Hydropower Program PT PLN (Persero), Proyek PLTP Patuha unit 2 dan Dieng 2, Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi Kalimantan dan Maluku-Papua PT PLN (Persero) dan Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi Sulawesi dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) serta Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi Jawa Timur dan Bali PT PLN (Persero). Dengan demikian, 33 proyek ini memiliki total nilai investasi melebihi Rp 334 Triliun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

71 − 70 =