Kisah Qurban Pertama Dalam Sejarah Umat Manusia

FOKUSATU-Ternyata bukan hanya kisah nabi Ismail dan Nabi Ibrahim saja qurban dilakukan.

Tetapi jauh sebelum itu, Allah telah menunjukkan kisah qurban, yaitu kisah kedua putra Adam, yaitu Qabil dan Habil.

Mau tahu kisah ceritanya? simak penjelasan berikut ya :

Dalam Al-Qur’an Surat Al-maidah, ayat 27, dijelaskan :

Dan ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa.”

Kisah ini bermula ketika nabi Adam A.S memiliki 2 putra laki-laki bernama Habil dan Qabil, Habil adalah seorang peternak dan Qabil adalah seorang petani. mereka diperintahkan oleh Allah untuk menikah. pada saat itu wanita cantik nan jelita bernama Iqlima menjadi pilihan keduanya.

Timbulah konflik antara 2 lelaki tersebut.

Lalu mereka diperintahkan oleh Nabi Adam A.S untuk merawat dan mempersembahkan hewan qurban dengan sebaik-baiknya. sebagai permohonan petunjuk dari Allah Ta’Ala.

Kemudian keduanya giat berlomba untuk merawat hewan kurban mereka. Namun Qabil memberikan makanan yang tidak layak kepada hewan qurbannya.

Namun ternyata hewan qurban habil terpilih sebagai kurban terbaik oleh Allah, karena dirawat dengan segala ketulusan dan diberikan makanan yang sesuai.

sedangkan hewan kurban qabil tidak karena kurang dirawat dengan sungguh-sungguh.

Dari kisah ini banyak hikmah yang bisa kita ambil nih Sahabat.

Ketika kita bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik, pasti mendapatkan ganjaran yang terbaik pula dari sang Maha memberi.

Sumber : kisah teladan Islami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *