Catatan Asep Lukman : Hari Kelahiran Pancasila, Benarkah Pancasila Ideologi Negara (Episode Akhir/Penutup)

FOKUSATU-Manusia hadir dimuka bumi sengaja dicipta menjadi makhluk pembangun bukan perusak. Hingga betapa mustahilnya jika ada pemimpin negara yang punya itikad buruk menginginkan kehancuran tatanan hidup umat manusia. Sebaliknya, semua pemimpin negara senantiasa ingin citranya baik dimata masyarakatnya. Sekalipun Kim Jong-un, xi jinping dan atau Joe biden. Dan hal itu juga yang mendorong munculnya upaya-upaya rekayasa pencitraan meski hasilnya malah total terlihat kamuflase. Terlepas dengan hasil yang diperoleh namun upaya tersebut lahir karena terdorong oleh keinginan kuat, berharap dapat dicitrai sebagai pemimpin yang baik.

Namun sayang, karena saking kuatnya pengaruh sistem materialisme monopolisme yang sembilan puluh sembilan persen telah menguasai jiwa raga para pemimpin negara, sebagus apapun program-progran negara-negara kuat yang diterapkan terhadap negara-negara lemah, maka pasti hasil akhirnya bukan merubah keadaan menjadi baik melainkan justru malah menambah persoalan. Kenapa? Karena didalam semua program itu satupun tidak ada yang berisi murni niat baik, semua program itu intinya demi lebih memperkuat eksistensi negaranya masing-masing.

Persis seperti sebaik apapun program yang dijalankan pemerintah pada masyarakatnya, hasil akhirnya senantiasa menimbulkan masalah bukan memperbaiki keadaan. Kenapa, karena semua program yang dijalankan pemerintah itu dasarnya hanya demi mempertahankan eksistensi lembaga negara. Dengan kata lain, semua program yang dijalankan pemerintah itu bukan semata-mata bertujuan untuk mensejahterakan rakyat.

Dan prilaku-prilaku seperti itu sama sekali bukan murni lahir atas inisiasi pribadi para pemimpin negara, tapi merupakan suatu keharusan pengejawantahan dari mendset sistem materialisme monopolisme yang dianut oleh seluruh negara didunia sekarang ini.

Sebagai kata penutup, karena keadaannya sudah demikian, apa yang harus kita perbuat..?

saudara sekalian, sejujurnya saya hanya baru bisa mengutarakan tentang kondisi kehidupan yang sedang dijalani oleh seluruh masyarakat dunia sekarang ini secara umum. Adapun masalah mau bagaimana tindak lanjutnya, hal itu sangat tergantung sejauhmana serta sekuat apa kesadaran kita dalam melakoni kenyataan hidup ini. Dan kalau memang faktanya bahwa kita belum bisa menemukan sistem yang tepat demi menata kehidupan masyarakat dunia sebagaimana yang diharapkan oleh setiap manusia, yaah terpaksa kita mau tidak mau harus rela, harus sabar dan bahkan harus tetap tertib terpimpin dalam menjalani hidup ini, selagi ini kita semua tentu dituntut harus terus merenung berpikir demi untuk mendapatkan sistem terbaik pengatur kehidupan umat manusia.

Untuk itu semoga Alloh SWT cepat atau lambat memberi petunjuk kepada kita semua masyarakat dunia, hingga kita sebagai manusia bisa terbebas dari belenggu sistem materialisme monopolisme yang jelas-jelas telah meluluhlantakan seluruh tatanan kehidupan umat manusia.Aamin ya Robbal Alamin Billahi Taufik Walhidayah Wassalamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Asep Lukman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *