Rilis Survei Nasional “Menakar Peluang Capres 2024 Dan Tantangan Poros Partai Islam” Puspoll Indonesia

FOKUSATU-Puspoll Indonesia merilis survei Nasional dikantornya, Tebet Jakarta Selatan. Dengan mengusung tema “Menakar Peluang Capres 2024 dan Tantangan Poros Partai Islam”.

Rilis yang dilakukan oleh Puspoll Indonesia ini menyajikan tentang preferensi politik masyarakat menjelang Pemilu 2024.

Rilis ini memotret popularitas dan elektabilitas tokoh yang digadang bakal berpeluang maju pada pemilihan presiden 2024.selain itu juga memotret elektabilitas partai politik dan ketua umum – ketua umum parpol.

Dari tema yang diangkat oleh mereka yakni Direktur Puspoll Indonesia Muslimin Tanja sempat berbicara tentang koalisi poros partai Islam, bagaimana peluang dan tantangannya. Adapun data yang diambil yakni mulai pada 20-29 April 2021 kemarin, melalui wawancara tatap muka (Face to face interview) dengan menggunakan kuisioner terstruktur.

Adapun jumlah sampelnya sebanyak 1600 responden, yang tersebar di 34 provinsi.

Survei ini dilakukan menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error’ kurang lebih 2,45% pada tingkat kepercayaan 95%, Usia minimum responden adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Dalam survei ini, Puspoll Indonesia menemukan beberapa temuan menarik yaitu:
Pertama, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah pusat di bawah Joko Widodo – Ma’ruf Amin tergolong baik, berkisar pada angka 71,4%. Sementara Lembaga yang paling tinggi skor tingkat kepercayaannya adalah TNI dengan 95% yang menjawab sangat percaya dan cukup percaya. Posisi kedua adalah Lembaga presiden (82,2%). Sementara dua Lembaga yang tingkat kepercayaannya terendah adalah partai politik dan DPR.

Acara yang digelar dikantor Puspoll Indonesia dihadiri oleh beberapa media, tokoh masyarakat dan pemuda.Ahad/23 Mei 2021.

Acara ini di adakan terbatas tatap muka, dan melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube Nalar TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *