PW IKA BKPRMI DKI Jakarts Gelar Webinar Ngaji Politik Kepemiluan Di Indonesia

FOKUSATU-Kegiatan webinar dengan aplikasi zoom meeting, Senin, 21 Ramadhan 1442 H bertepatan tanggal 3 Mei 2021.

Penyelenggara kegiatan ini diadakan oleh ikatan alumni pemuda masjid indonesia, dan Diikuti oleh perwakilan IKA dari beberapa Provinsi dan daerah dan masyarakat umum dengan narasumber Agus Sudono selaku Ketua KPU Jakarta Selatan , beliau memaparkan fenomena kepemiluan di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), PEMILU memiliki makna yakni pemilihan yang dilakukan serentak oleh seluruh rakyat suatu negara (untuk memilih wakil rakyat dan sebagainya).

Dalam Pemilu, para pemilih dalam Pemilu juga disebut konstituen, dan kepada merekalah para peserta Pemilu menawarkan janji-janji dan program-programnya pada masa kampanye. Kampanye dilakukan selama waktu yang telah ditentukan, menjelang hari pemungutan suara. Setelah pemungutan suara dilakukan, proses penghitungan dimulai. Pemenang Pemilu ditentukan oleh aturan main atau sistem penentuan pemenang yang sebelumnya telah ditetapkan dan disetujui oleh para peserta, dan disosialisasikan ke para pemilih.

PEMILU di Indonesia sampai dengan awal tahun 2019 ini sendiri telah dilaksanakan sebanyak sebelas kali. Yaitu pada tahun 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004, 2009 dan 2014. Dan pada tanggal 17 April 2019 ini akan menjadi PEMILU yang ke dua belas.

Ternyata Pemilu pada awalnya dilakukan untuk mencari anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Sedangkan untuk Presiden, pada awalnya Sedangkan untuk Presiden, pada awalnya dipilih oleh MPR.

Semoga dengan kita Ngaji Politik ini bertambah pemahaman kita terkait pemilu di Indonesia dan ibadah puasa kita di fase akhir ini di Terima Allah SWT, Aamiin. Tutup Agus Sudono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *