Hillary Brigita Lasut : Kontribusi Kaum Muda Sangat Di Butuhkan Dalam Pembangunan Di Indonesia.

FOKUSATU-BAKTI Kominfo bersama Komisi I DPR RI kembali menggelar seminar merajut Nusantara, kali ini mengambil tema :”Peran Generasi Muda Dalam Membangkitkan Perekonomian UMKM Melalui Platform Digital” Melalui aplikasi zoom meeting dan di siarkan live youtube SwaraSenayan http://www.youtube.com/watch?v=3f-4sjkUww0. Kamis,bertepatan dihari kebangkitan nasional 20 Mei 2021.

Bersama narasumber Hillary Brigita Lasut, SH, LLM selaku Anggota Komisi I DPR RI, Gun gun Siswandi selaku dosen Universitas Esa Unggul Jakarta dan Wibi Andrino selaku ketua Fraksi Nasdem DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Paparan pertama di sampaikan oleh Gun gun Siswandi selaku dosen Universitas Esa Unggul Jakarta , beliau sampaikan peran pemuda dalam UMKM Go Online.

Saat ini transformasi digital di sekitar kita seperti belanja, belajar, transportasi, kuliner semuanya serba online.

Jumlah UMKM 64,2 juta yang berjualan daring 17,1 %, penyerapan investasi 50%, total lapangan kerja 99% .

UMKM harus bertransformasi, mengikuti perkembangan zaman dan memberikan nilai tambah.

Keuntungan UMKM Online, memperluas pemasaran, membuka peluang bisnis lebih luas, brand menguat dan mendunia, mudah bersinergi dengan UMKM lain.

Kembangkan pemasaran melalui jualnya dengan bergabung bersama market place.

Alasan kenapa harus bisnis online, menjangkau pasar yang luas, pangkas biaya, tidak harus ada lokasi dan potensi pendapatan tidak terbatas.

Berikut tips dan trik jualan online
Persiapan dasar, pemilihan platform E Commerce, kualitas produk harus selalu di jaga, berikan promosi secara berkala, menjaga relasi bisnis dan bergabung dengan komunitas UMKM atau marketplace yang ada di lingkungan kita.

Strategi digital marketing, online, sosmed, logo, content marketing.

Jenis usaha di era new normal, membuka online shop, freelancer, healthy food, berjualan masker, produk kesehatan.

Peranan pemuda
Sebagai agen pendidik, agen perubahan dan agen pembaharuan.

Langkah yang harus di lakukan untuk go online
Memiliki produk, di buat dalam bentuk digital, market place, memperluas komunitas digital.

Paparan kedua di sampaikan oleh Hillary Brigita Lasut selaku anggota DPR RI komisi I Fraksi Nasdem, beliau katakan harus ada sinergitas antara pemerintah dan kaum muda.

Pemerintah harus mendukung usaha usaha mikro dan anak muda juga harus berpikir kreatif, inovatif dan melek teknologi dalam platform digital.

Generasi muda di harapkan membantu perkembangan platform digital jangan nanti orang asing yang menguasai.

Kontribusi kaum muda sangat di butuhkan dalam pembangunan di Indonesia.

Banyak sekali kesempatan yang bisa di gunakan oleh anak muda , di mana perkembangan teknologi saat ini sudah masuk ke revolusi Industri 4.0 , yang penting mulai aja dulu, jangan takut gagal.

Paparan terakhir di sampaikan oleh Wibi Andrino selaku ketua Fraksi Nasdem DPRD Provinsi DKI Jakarta.

“Wirausaha selain modal juga tentang mental,oleh karena nya kaum muda siapkan mental untuk berwisusaha.

Salah satu penyebab minimnya penggunaan e commerce dalam UMKM di karenakan sebagian besar dari pelaku UMKM belum melek teknologi digital. Selain itu terdapat banyak keraguan bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online dan kurang nya pengetahuan tentang bagaimana cara memasarkan dan mempromosikan barang via e commerce.

Provinsi DKI Jakarta merupakan Provinsi dengan kontribusi sebesar 17,3 % bagi perekonomian Indonesia dan secara statistik DKI Jakarta merupakan destinasi investasi utama di Indonesia dengan menarik Rp 123,9 Triliun investasi(15, 3 % total nasional) selama kurun waktu 2019.

Fraksi Nasdem mendukung UMKM DKI Jakarta, Dan upaya yang telah dilakukan yakni membantu mensosialisasikan mendaftarkan warga untuk mendapatkan bantuan permodalan UMKM produktif dan perizinan usaha sebagai legalitas usaha. Sesuai pergub no 30 tahun 2018 tentang pemberian izin usaha mikro dan kecil.

Fraksi Nasdem juga memberikan bantuan gerobak motor keliling (motor Nasdem) sebagai bentuk solusi agar masyarakat dapat berinovasi untuk menambah pendapatan serta peluang bisnis yang lebih luas dari sebelum nya, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *