Halal Bi Halal KKG PAI Kecamatan Makasar Jakarta Timur

FOKUSATU-Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Makasar, Jakarta Timur menggelar kegiatan Halal Bi Halal , pada hari Jum’at,tanggal 09 Syawal 1442 H bertepatan tanggal 21 Mei 2021 bertempat di kediaman ibu hj.Sri Yuniarsih (Bu Hj.Neneng) jl Asem nirbaya , Pinang Ranti Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Acara di mulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustadzah Masroh

Sambutan ketua KKGPAI kecamatan Makasar oleh
Ustadz Juwahir,S.Pd.I, beliau katakan “Alhamdulilah kegiatan halal bi halal ini bisa kita laksanakan , walaupun masih di masa pandemi kita bisa laksanakan kegiatan halal bi halal ini, dan alhamdulilah acara ini bisa di hadiri juga oleh ketua binaan 1-4 se kecamatan Makasar.

Mau’izhoh Hasanah oleh Ustadz Ulil Alfa,S.Ag selaku ketua KKG PAI
Binaan sekolah angkasa, beliau katakan, ”
halal bihalal menjadi tradisi yang selalu melekat setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini biasanya berupa acara pertemuan atau perkumpulan yang digelar untuk saling bermaaf-maafan.

Halal bihalal ini sering kali diadakan dalam lingkup keluarga besar, lingkup kantor, kelompok pedagang, hingga organisasi atau instansi swasta maupun pemerintah.

Dalam hal ini, dipahami bahwa makna halal bihalal tidak lain adalah saling bermaaf-maafan. Namun ternyata tradisi halal bihalal ini bukan berasal dari Arab, melainkan Indonesia. Hanya masyarakat Indonesia yang memiliki dan melakukan tradisi halal bihalal di setiap Idulfitri. Bukan hanya bermaaf-maafan, tradisi ini mempunyai berbagai manfaat kebaikan bagi siapa pun yang mengerjakan.

Sebagai tradisi yang melekat dan menjadi ciri khas Indonesia, maka penting untuk mengetahui seperti apa makna halal bihalal. Selain itu perlu diketahui sejarah halal bihalal hingga menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Alhamdulillah KKG PAI Kecamatan Makasar yang diketuai oleh Ust Juwahir di hari jumat barokah ini melakukan tradisi halal bi halal ini, semoga Allah berikan ridho dan barokah nya kepada kita semua yang hadir disini maupun yang menonton via zoom dan youtube KKG PAI Kecamatan Makasar, Aamiin . Tutup nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *