Bawaslu Jakarta Timur Menggelar SDM Solite Serie IV, Bawaslu DKI Jakarta Terus Dorong Penguatan Kompetensi SDM

FOKUSATU-Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak pada Tahun 2024 menjadi perhatian khusus bagi penyelenggara pemilu khususnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Di lansir dari Bawaslu Provinsi DKI Jakarta,
Pemilu dan Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak untuk pertama kalinya membutuhkan persiapan khusus dan lebih maksimal bagi Bawaslu Provinsi DKI Jakarta mengingat akan ada banyak beban tugas dan pekerjaan rumah yang harus dihadapi dan jeda waktu menuju Tahun 2024 bisa dijadikan momentum untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia dan organisasi.

Hal itu disampaikan oleh Sitti Rakhma Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta saat memberikan arahan kegiatan SDM Roadshow Literacy (SDM Solite) Serie IV di Kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021).

“Bawaslu harus terus menerus melakukan penguatan bagi SDM dengan melakukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengawas pemilu” ujarnya.

Rakhma yang merupakan Koordinator Divisi SDM mendorong banyak kegiatan yang berimplikasi pada peningkatan kompetensi yang wajib dimiliki oleh jajaran pengawas pemilu bisa terus dilakukan.
“Kita harus banyak membuat kegiatan peningkatan kapasitas SDM baik yang berbasis pada anggaran maupun bersifat non anggaran”
Ia juga meminta jajarannya untuk terus berkontribusi nyata bagi kerja organisasi pengawas pemilu.

“Setiap orang harus bisa memberikan kontribusi nyata bagi organisasi, karena dalam bekerja harus memberikan kontribusi secara maksimal” tegas Rakhma.

Senada dengan itu Narasumber Arif Nur Alam seorang pegiat yang berkonsentrasi dalam dunia kepemiluan juga mempertegas bahwa kedepan terutama menyongsong penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024, penyelenggara pemilu memiliki tugas rumah yang menumpuk terutama berkaitan dengan penguatan organisasi dan kompetensi SDM pengawas pemilu secara internal.

“Bawaslu punya punya banyak pekerjaan rumah berkaitan dengan penguatan 15 kompetensi pengawas pemilu khususnya kompetensi analisis, sintesis, dan menumbuhkan kesadaran sosial” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan SDM SOLITe Serie IV yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur yaitu Pimpinan, Kepala Sekretariat, Kepala Bagian, Pejabat Fungsional dan staff Bawaslu Provinsi DKI Jakarta serta Pimpinan, Koordinator Sekretariat dan Staff Bawaslu Kota Jakarta Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *