Agus Fatah : Dari Kampung Dongeng Menuju Indonesia Mendongeng

FOKUSATU-Mengawali aktifitas mendongengnya dari sebuah kampung di Tangerang Selatan 12 tahun silam, kini kak Awam Prakoso Founder Kampung Dongeng Indonesia patut bersyukur, karena berkat modal tekad dan nekadnya yang kuat kini telah ada Kampung Dongeng di 160 kabupaten di 27 provinsi di Indonesia dengan 300 Pendongeng aktif dan 1.600 relawan Kampung dongeng, kok bisa, mari kita ikuti kisahnya.

Pada sekitar tahun 2005 saya bertemu dengan Kak Awam Prakoso di SD Islam Sabilina, Kak Awam datang ke SD Sabilina dalam rangka bersilaturahmi dan menyampaikan cita-citanya yang ingin mengembangkan kegiatan mendongeng di Indonesia.

Beberapa tahun kemudian saya berkesempatan menyaksikan dongeng Indah Kak Awam Prakoso di Sekolah Citra Alam Ciganjur. kemudian Allah SWT pertemukan saya kembali Dengan Kak Awam Prakoso di program Dongeng TVRI : Budi dan Kerti di Tahun 2010.

Dan Tak lama kemudian saya bertemu kembali dengan Kak Awam Prakoso di acara launching Buku kumpulan Puisi Parenting Karya Agus Fatah di TK Kebun Pelangi milik kak Denny (YABI) di daerah Bekasi.

Setiap kali saya bertemu Kak Awam Prakoso, selalu saja ada cerita baru dan seru yang beliau sampaikan terkait kiprah, aktivitas dan kreativitasnya dalam mendongeng.

Kak Awam Prakoso adalah Pendongeng yang bukan hanya mengajak anak dan orang dewasa untuk mendengarkan dongeng indahnya, tapi ia mengajak anak, orang tua, guru, orang dewasa dan pemuda untuk menghidupkan kegiatan mendongeng dirumah, disekolah, diberbagai acara dan lokasi bencana, diberbagai tempat hingga didalam pesawat.

Kak Awam Prakoso adalah, sahabat, guru sekaligus teman diskusi yg asik. Orangnya visioner dan organisator handal. Naluri bisnisnya juga sangat kuat. Demikian menurut Kak Resha (Pendongeng Peduli Lingkungan)

Sedangkan menurut Kak Denny (YABI) salah satu sahabat kak Awam Prakoso, mengungkapkan bahwa :

” Kak Awam Prakoso adalah pribadi pembelajar yang fokus dalam menebarkan semangat mendongeng ke seluruh penjuru Nusantara melalui komunitas Kampung Dongengnya.

Kak Awam Prakoso adalah sosok pendongeng yang dedikatif, bersemangat, selalu inovatif dan adaptif dengan perubahan-perubahan. Semoga Kampung Dongeng dibawah komando Kak Awam Prakoso bisa terus menjadi komunitas yang mengantarkan dongeng ke kampung-kampung. Menyebarkan nilai kebaikan melalui dongeng ke lebih banyak orang, demikian ungkap Kak Rona Mentari, Pendongeng Milenial asal Jogjakarta.

Kak Awam Prakoso dan Kampung Dongengnya adalah dua hal yang tak terpisahkan, ibarat rumah dan penghuninya, ibarat kampung dan kepala desanya.

Menarik mengamati perkembangan Kampung Dongengnya Kak Awam Prakoso selama satu dekade ini. Ibarat konsep rumah tumbuh dalam dunia arsitektur, kampung Dongeng terus tumbuh dan berkembang sesuai blue print desginnya.

Ibarat sebuah kampung, Kampung Dongengnya Kak Awam Prakoso adalah kampung mandiri yang setiap warganya gigih berkreasi menjadi warga yang selalu siap berkontribusi dalam membangun karakter anak negeri.

Ibarat tumbuhan , Kampung Dongeng adalah tanaman bambu kuning yang tumbuh cepat dan mengakar kuat dan mampu menghadirkan kejernihan mata air kehidupan bagi pembangunan karakter anak bangsa.

Perjalanan dan perjuangan Kak Awam Prakoso bersama keluarga besar Kampung Dongeng diseluruh Nusantara kurang lebih 12 tahun telah menjadikan kak Awam Prakoso dan Kampung Dongeng sebagai pribadi dan organisasi yang tahan banting. Difitnah, diganggu medsos dan rekening dan aktifitasnya, tidak membuat Kak Awam dan Kampung Dongeng tumbang, Hal tersebut malah menjadikan Kak Awam Prakoso dan Aktivis Kampung Dongeng makin teguh dan tanggung menunaikan misi membangun kararakter bangsa ini.

Dari segi nama sebuah gerakan sosial masyarakat, Kampung Dongeng adalah sebuah gerakan akar rumput (grass root) yang memiliki kekuatan visi, misi dan militansi para Aktivitisnya yang teruji diberbagai medan perjuangan.

Sebagai sebuah gerakan pembangun karakter bangsa yang berbasis masyarakat dibawah komando Kak Awam Prakoso yang cakap dalam mengorganisir organisasi, didukung total oleh anak- istri, saudara, tetangga, tukang bubur dan gubernur, Bapak lurah, Camat, Walikota hingga kepala negara serta para pendongeng di Nusantara, saya optimis Kampung Dongeng dengan jaringannya yang telah me-nusantara akan mampu menghadirkan wajah anak-anak Indonesia yang ceria, bahagia dan berakhlaq mulia.

Terus berjuang Kak Awam Prakoso yang perkoso bersama Kampung Dongeng dan ratusan aktivisnya, Insya Allah kami dan para pendongeng serta masyarakat siap, bersepakat dan bermufakat dengan bulat tekad mendukung program-program dongeng kreatif dan adaptif Kak Awam Prakoso melalui Kampung Dongeng untuk menumbuh kembangkan budaya mendongeng dari rumah ke sekolah, dari desa ke kota, dari kota ke manca negara.

Happy Milad Kampung Dongeng, semoga cita- cita muliamu membangun karakter bangsa melalui 1000 Kampung Dongeng yang tersebar di delapan penjuru mata angin Nusantara, pada ada suatu hari, bukan hanya mimpi, insya Allah akan menjadi nyata, bersama kita bisa membangun karakter anak bangsa: ceria, bahagia dan berakhlaq mulia.

Kampung Dongeng (KaDo) adalah kado istimewa dari Kak Awam Prakoso untuk Indonesia jaya, Baarokallah.

*Agus Fatah (Pengamat Dongeng & Literasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *