4 Cara Bersyukur Kepada Allah Atas Segala Nikmat Yang Diberikan

FOKUSATU-Segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap hamba, tidak terhitung jumlahnya. Oleh karena itu, memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim.

Sebagaimana dijelaskan mengenai nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dalam surat An-Nahl ayat 16, yaitu.

وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Dengan memiliki anggota tubuh yang lengkap saja sudah merupakan bentuk nikmat yang amat berharga dari Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim wajib mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan dan tidak menyerah setiap menghadapi cobaan dari Allah SWT.

Syukur adalah pengakuan terhadap nikmat yang telah diberikan Allah yang dibuktikan dengan ketaatan kepada-Nya.

Lantas, bagaimana caranya umat Muslim bersyukur kepada Allah? Berikut beberapa cara mensyukuri nikmat dari Allah SWT.

Cara Bersyukur Kepada Allah

Imam Al Ghazali mengatakan bahwa cara bersyukur kepada Allah dapat dilakukan dengan empat cara, berikut penjelasannya.

1. Bersyukur dengan lisan

Apabila seseorang bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan, maka hendaknya mengucapkan Allhamdulillah (segala puji bagi Allah).

2. Bersyukur dengan Hati

Bersyukur dengan hati yaitu dengan menyadari sepenuhnya bahwa, segala nikmat dan rezeki yang didapatkan merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan begitu, akan timbul sikap menerima karunia yang diberikan dengan penuh rasa ikhlas tanpa kecewa atau keberatan meskipun nikmatnya hanya sedikit.

3. Bersyukur dengan Tindakan

Selanjutnya cara bersyukur dengan tindakan, yaitu setiap nikmat yang diperoleh harus dimanfaatkan di jalan yang diridhai-Nya. Misalnya, apabila mendapatkan rezeki maka sebaiknya memberikan atau mengamalkan sebagian hartanya bagi yang membutuhkan.

4. Merawat Kenikmatan

Ketika sudah mendapatkan nikmat, usahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Contohnya seperti menjaga kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Semoga Allah membimbing kita menjadi hamba Nya yang pandai bersyukur. AAMIIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *