Hutan Yang Menyembuhkan, Forest Healing Di Gubawangsa Land

FOKUSATU-Istilah Forest healing atau terapi hutan dinilai mampu menurunkan tingkat stress seseorang, baik mental maupun fisik. Dilansir dari healingforest.org bahwa forest healing menawarkan cara unik untuk menciptakan pikiran yang tenang, tubuh yang sehat, dan kehidupan yang damai dengan alam.

Penelitian White mempopulerkan istilah “forest bathing” yang diserap dari istilah Jepang “shinrin-yoku”. Istilah ini dikenalkan oleh Qing Li, Presiden Kelompok Pengobatan dari Hutan di Tokyo, dalam bukunya Shinrin-Yoku: The Art and Science of Forest Bathing. Menurut dia berjalan di bawah hutan dan menjumpai kehijauan alam adalah faktor penting dalam memerangi penyakit ditubuh dan pikiran.(https://www.forestdigest.com/detail/393/hutan-yang-menyembuhkan)

Perkemahan Gubawangsa Land. Berada di Jawa Barat tepatnya di Salabintana Sukabumi. Lokasi perkemahan berada diketinggian 1215 meter dibawah permukaan laut (MDPL) diantara pepohonan WhiteOax dan berbatasan dengan perkebunan milik warga yang menanam cabai merah, terong , dan bawang. Memiliki daya tarik tersendiri.

Kawasan ini juga masuk dalam kawasan taman nasional gunung halimun dan pengelola teh Goalpara yang terhampar luas.

Jika berkunjung di musim penghujan. Anda tidak perlu khawatir. Pengelola telah mempersiapkan tenda yang sudah disusun rapi dilapisi papan, matras dan kasur empuk agar dingin tidak terlalu menusuk ke tubuh.

Jika hujan merenda, lokasi camping ground Gubanwangsa Land akan berkabut menambah suasana menjadi, romantis, syahdu dan tenang. Kondisi alam seperti itu baik untuk forest hiling.

Pengelola juga menyiapkan aneka kudapan rebusan dan makanan yang enak. Anda juga bisa memesan kambing guling. Aneka sayuran fresh dan minuman jahe merah panas.

Jika anda camping dengan kelompok yang banyak. Di Gubawangsa Land, juga tersedia Gazebo yang cukup luas ditengah nya ada perapian kecil untuk api unggun dan bakar jagung.

Soal bersih-bersih badan, anda jangan khawatir. Toilet bersih tersedia banyak. Untuk beribadah ada mushola yang tersedia di area camping ground.

Di area, hutan pondok halimun juga terdapat air terjun Curug Cibeureum. Berada di ketinggian 1.300 meter. Konon curug ini tertinggi di Jawa Barat. Satu-satu askes Menuju lokasi Curug Cibereum.
Hanya dengan berjalan kaki. Jarak tempuh perjalan kurang Lebih 1 – 2 jam perjalanan.

Melewati hari di hutan dengan vegetasi white oak dan ilalang. Mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya dedaunan. Suara binatang pengerat yang saling bersahutan,fasilitas yang tersedia dan ketersediaan menu makanan fresh dan sehat. Gubawangsa Land bisa menjadi agenda anda diakhir pekan bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *