FPPJ : Enam Tahun Jabat Menteri PUPR Tak Kunjung Selesai Waduk Ciawi

FOKUSATU-Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikomandani Basuki Hadimuljono seperti malas-malasan merampungkan proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi.

“Pak Menteri PUPR sepertinya khawatir Gubernur Jakarta Anies Baswedan makin dicintai kalau dua bendungan itu rampung. Karena dua bendungan itu bisa menekan banjir kiriman dari Bogor,” kata Ketua Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ), Endriansah melalui keterangan virtualnya , Senin (22/2).

Kedua bendungan kering tersebut dipastikan bukan untuk keperluan irigasi atau air baku, namun untuk mengendalikan banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Dengan begitu, menurut Endriansah, beroperasinya Bendungan Ciawi dan Sukamahi berpotensi mengurangi dampak banjir di DKI.

Endriansah juga mengingatkan pembangunan Bendung Ciawi dan Sukamahi tak diseret-seret ke ranah politik.

“Jangan lihat siapa Gubernur yang mimpin Jakarta, namun untuk kepentingan masyarakat banyak,” kata Endriansah.

Saat banjir besar merendam Jakarta pada awal tahun 2020, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri PUPR segera merampungkan proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi.

Menteri Basuki Hadimuljono sendiri menargetkan Bendungan Ciawi dan Sukamahi dapat rampung pada 2020.

Namun ternyata target itu meleset. Karena  hingga kini pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi tak kunjung rampung.

Lebih baik di reshuffle aja Mentri PUPR karena tidak bisa komitmen menyelesaikan waduk di Ciawi,bayangkan sudah 6 tahun jabat Mentri PUPR Pembangunan waduk di Ciawi tak kunjung selesai juga, tutup Rian. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *