Desa Sumberurip Terendam Banjir Akibat Tanggul Sungai Citarum Jebol

FOKUSATU-Tanggul Sungai Citarum Jebol, Desa Sumber Urip Bekasi Terendam Banjir.,ratusan warga di Kampung Babakan Banten terendam banjir.

Di lansir dari SuaraBekaci.id, tanggul sungai citarum di Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi jebol. Ratusan warga di Kampung Babakan Banten terendam banjir sejak Ahad (21/2/2021) dini hari.

Seorang warga Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi dari Al Ikhwan Foundation Ayung mengatakan, tanggul Sungai Citarum yang jebol diperkirakan sekitar 50 meter.

“Ketinggian air di pemukiman sekitar 1,5 meter, sekarang sudah seatap rumah,” katanya saat dihubungi media.

Dia mengatakan, warga mengungsi di sepanjang Tanggul Citarum dan Irigasi setempat.

Ayung menyatakan bahwa warga setempat butuh untuk dievakuasi. Dia sempat menghubungi call center BPBD Kabupaten Bekasi di nomor 081219071900 yang dibagikan akun Pemkab Bekasi. Namun, kata dia, kontak tersebut tidak aktif.

Senada dengan Ayung, warga lain bernama Siti Kodijah menyatakan bawah warga di Kampung Babakan Banten telah terjebak dan butuh dievakuasi. Hal itu dia sampaikan melalui sebuah video sekitar pukul 02.30 WIB.

“Assalamualaikum ini saya Siti Kodijah dari warga Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Di sini terjadi tanggul jebol Kali Citarum tepatnya di Babakan Banten. Di sini saya kejebak banjir pak, lari ke irigasi pada limpas saya nggak tahu lari kemana sedangkan ini air sudah ngepung kita, sudah meluap banget, jadi mohon kirim Tim SAR, perahu karet sebanyak-banyaknya pak, soalnya di sini ada 300 sampai 400 warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln menyatakan, saat ini pihaknya telah mengirim bantuan perahu karet.

“Kita sudah evakuasi,” kata Henri.Dia tidak menjelaskan berapa jumlah personel dan perahu karet yang dikirim ke lokasi tersebut.

  1. Semoga air segera surut, dan warga selamat, Aamiin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *