Pemerintah Umumkan Panduan Pembelajaran Pada Semester Genap 2020-2021 Di Masa Pandemi Covid-19

FOKUSATU-Mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran peserta didik yang semakin mendesak di masa pandemi Covid-19, saat ini pemerintah terus mengupayakan agar peserta didik dapat melakukan pembelajaran secara optimal meskipun harus dilakukan dari rumah. Dilansir dari akun resmi kemendikbud.go.id Nadiem menegaskan, proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota dalam zona hijau dilakukan secara sangat ketat dengan persyaratan berlapis.

Keberadaan satuan pendidikan di zona hijau menjadi syarat pertama dan utama yang wajib dipenuhi bagi satuan pendidikan yang akan melakukan pembelajaran tatap muka.

Pemberlakuan tatap muka di zona hijau hanya diperuntukan bagi pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di tahun ajaran 2020/2021 tetap dimulai pada bulan Juli 2020.

Sedang untuk perguruan tinggi pembelajaran pada semua zona wajib dilaksanakan secara daring, Namun, nadiem juga menyebutkan bahwa perguruan tinggi juga akan mendapatkan metode kuliah tatap muka dalam waktu terdekat.

CEO Guru youtuber Dr. Dirgantara Wicaksono, mengatakan “mendukung langkah pemerintah dengan membuka sekolah sistem Live Synchronous learning (tatap muka langsung) walaupun dengan memperhatikan protokol kesehatan secara menyeluruh dan teliti.

Sejalan dengan proses Pembelajaran Jarak Jauh yang telah berlangsung, dapat juga diadopsi oleh sekolah dalam melakukan transformasi pedagogi secara Blended Learning, antara luring dan daring. Termasuk memanfaatkan YouTube sebagai sumber pembelajaran instructional materials di era digital.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *