FPPJ : Bentuk Sarekat Pekerja PJLP Untuk Advokasi Dan Perlindungan PJLP

FOKUSATU-FPPJ menerima banyak pengaduan dari penyedia jasa layanan perorangan (PJLP) DKI Jakarta yang mengalami kesewenang-wenangan dan juga pungli dari para atasan mereka.

Menurut Ketua Umum FPPJ, Endriansah dirinya mendapat laporan dari keluarga atau kawan PJLP, “Beberapa kerabat PJLP menceritakan tentang perlakuan yang mereka alami dari para PNS atau Kasatpel, berupa permintaan uang atau pemindahan penempatan kerja yang itu sangat jauh dari tempat tinggal mereka sebagai konsekuensi atas ketidaksenangan atasan” kata Rian.

Sayangnya hingga saat ini belum ada PJLP yang berani bersaksi untuk menjadi pelapor atas ketidakadilan yang mereka alami, “mungkin mereka khawatir dengan konsekuensi yang akan mereka alami nantinya jika menjadi pelapor, mereka takut dipecat atau dipindah tugaskan kelokasi yang jauh” kata Rian.

Lebih lanjut Rian mengatakan FPPJ akan bertindak, mereka akan membuka posko pengaduan di Sekretariat FPPJ Bali Mester Jakarta Timur, atau email di forumpemudapedulijakarta@gmail.com.

FPPJ menghimbau para PJLP untuk tidak takut melaporkan dan bersaksi terhadap kedzaliman yang mereka alami dari atasan. Rian mengingatkan kepada para ASN yang berhubungan dengan PJLP untuk tidak berlaku sewenang-wenang, “kawan-kawan PJLP hanya orang yang mencari makan, apa yang mereka dapatkan habis untuk konsumsi sehari-hari, jadi jangan jahil dan aneh-aneh” papar Rian.

Keberadaan PJLP sangat baik untuk mendukung kinerja ASN selain itu juga bermanfaat dalam menjaga daya beli masyarakat dan ketersediaan lapangan kerja. Oleh karenanya pola perekrutan serta manajemen kerja mereka benar-benar harus mengedepankan prinsip keadilan dan profesionalisme. Saat ini FPPJ tengah menggagas lahirnya Sarikat Pekerja PJLP untuk melindungi hak-hak para PJLP sekaligus wadah silaturahmi dan komunikasi PJLP di wilayah DKI Jakarta.

“Terkait dengan laporan ini dalam waktu dekat FPPJ akan menggali informasi serta menelusuri siapa oknum ASN DKI Jakarta yang telah menindas dan berlaku dzalim kepada rakyat kecil” Tutup Rian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *