H Dwi S : Lawan Covid-19,FKDM Jakarta Timur Rapat Virtual Dengan FKDM DKI Jakarta

FOKUSATU-Upaya tak henti terus dilakukan berbagai kalangan dalam upaya mengakhiri pandemic covid-19 yang melanda Jakarta, Indonesia dan dunia. Tak hanya pemerintah pusat, pemprov Jakarta dan kalangan medis yang berjuang di garis terdepan. Sebagaimana elemen kemasyarakatan lainnya, Kepedulian terhadap terdampak covid juga di lakukan oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Jakarta.

Organisasi mitra pemerintah yang concern akan persoalan-persoalan yang bersifat ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) terhadap proses pembangunan Jakarta. Khususnya FKDM Jakarta Timur, dengan jajaran fungsionarisnya hingga tingkat kelurahan turut bekerja bahu-membahu dengan aparat pemerintahan dalam penanganan para terdampak covid-19. Terutama dalam hal monitoring pelaksanaan distribusi bantuan sosial pemerintah bagi masyarakat yang terdampak covid di wilayah timur ibukota.

Tak hanya monitoring saja, tetapi juga turut meminimalisir setiap potensi konflik dimasyarakat terkait upaya distribusi bansos yang belum merata, dan menimbulkan kegelisahan warga terdampak yang belum mendapatkan bansos. Selain turut serta dalam hal sosialisasi dan pengawasan pelaksanaan PSBB bersama-sama unsur pemerintah dan yang terkait lainnya.

Hal ini dinyatakan oleh H Dwi Sugiarto Ketua FKDM Kota Jakarta Timur saat menggelar konsolidasi kelembagaan FKDM Jakarta Timur dalam suatu rapat virtual jajaran anggota FKDM Kota Jakarta Timur dan unsur dari FKDM DKI Jakarta, Sabtu malam 2/5/2020.

H Dwi Sugiarto mengundang Erwin H. Al-Jakartaty, Humas & Infokom FKDM DKI Jakarta dan Abdul Hakim, salah seorang Fungsionaris FKDM DKI Jakarta lainnya dalam gelaran konsolidasi bersama seluruh anggota FKDM Kota Jakarta Timur. Ketua FKDM Jakarta Timur dan perwakilan FKDM DKI Jakarta bertatap muka langsung dan selebihnya diskusi dengan anggota FKDM Lainnya dilakukan secara online.

Dengan mematuhi ketentuan dalam PSBB, maka konsolidasi itu menggunakan fasilitas aplikasi zoom-meeting hingga rapat konsolidasi berlangsung lancar tanpa melanggar aturan dalam menghadapi pandemic coronavirus. Dalam pembahasan umum saat konsolidasi organisasi tersebut, FKDM Jakarta Timur tetap siap sedia dalam menjalankan tugas-tugas terkait dengan pengamanan kebijakan Gubernur mengenai PSBB, sebagaimana yang rutin dilakukan selama ini. Dan juga berinisiatif akan membuat rencana kerja-kerja sosial bekerja sama dengan pihak lain guna membantu meringankan beban para terdampak covid-19, sebagaimana yang telah dilakukan oleh struktural FKDM DKI Jakarta dan FKDM Kota-kota lainnya di ibukota Negara ini dalam dua bulan terakhir ini.

“Kami akan mengintensifkan tugas pokok dan fungsi yang menjadi rutinitas FKDM selama ini dalam memberikan informasi, masukan dan saran kepada pemerintah Kota menyangkut potensi ATHG selama ini, selain juga monitoring perkembangan di lapangan terkait dengan PSBB dan penanganan terdampak covid-19. Dan dalam waktu dekat ini merencanakan pula untuk melakukan bakti sosial kemasyarakatan” Kata Dwi Sugiarto menyimpulkan poin utama konsolidasi virtual tersebut.

Dalam konsolidasi itu, Abdul Hakim, anggota FKDM DKI Jakarta yang juga tokoh aktifis buruh dan LSM ini juga menegaskan akan membantu FKDM Jakarta Timur dalam menginventarisasi berbagai persoalan kemasyarakatan menyangkut penanganan Covid-19 dan masa PSBB, untuk kemudian dijadikan semacam rekomendasi penguatan kinerja FKDM dalam upaya turut menciptakan kehidupan yang kondusif ditengah kesulitan kehidupan masyarakat akibat terdampak Corona. “Para anggota FKDM Jakarta Timur dituntut untuk tetap pro-aktif dimasa PSBB dalam menyikapi berbagai persoalan kemasyarakatan ini, meskipun dengan metode work from home, karena itu komunikasi dan kordinasi harus tetap berjalan. Konsolidasi virtual ini merupakan terobosan pola komunikasi yang baik, efektif dan sangat tepat dilakukan dimasa PSBB ini,” Kata Erwin H. Al-Jakartaty, menjelaskan lebih lanjut.

Dalam rapat konsolidasi virtual ini, semua anggota FKDM Jakarta Timur secara online dan bergantian menyampaikan ide, gagasan dan laporan kinerja masing-masing terkait dengan monitoring wilayah yang telah dilakukan selama ini dan saling bertukar informasi ter-update serta membangun kesepaham sinergisitas yang lebih baik. Dan berharap besar dalam waktu dekat ini FKDM Jakarta Timur akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak lainnya guna menunjukkan melakukan aksi kepedulian lebih nyata kepada para warga terdampak covid-19.
Sumber : Corpsnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *