2019 Pemkot Depok Usung Pembuangan Sampah Di Nambo

FOKUSATU– Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mulai awal 2019 akan membuang sampah ke Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut – Nambo, Bogor.

“ Awal 2019, Insya Allah Depok akan buang sampah ke TPPAS Lulut-Nambo. Tapi hanya 300 ton perhari,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Balai Kota Depok, Rabu (26/12).

Idris menambahkan, jumlah 300 ton sampah per hari itu berdasarkan perjanjian dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). “Diharapkan dengan dibuangnya sampah ke Lulut Nambo, otomatis akan mengurangi beban sampah di TPA Cipayung, yang saat ini statusnya sudah overload, ” terang Idris.

Menurut Idris, setiap hari, ada 750 ton sampah yang masuk ke TPA Cipayung, Depok.

” TPA Cipayung tetap beroperasi hingga nanti seluruh sampah warga Depok, dapat dibuang semuanya ke TPPAS Lulut Nambo yang berfungsi secara penuh pada 2020, ” Jelasnya.

Idris mengungkapkan, untuk membuang 300 ton sampah per hari, untuk 2019, Pemkot Depok mengeluarkan anggaran sebesar Rp 11 miliar.

“ Dana itu biaya kompensasi dan juga digunakan untuk biaya operasional serta untuk membeli tambahan armada truk sampah dan sejumlah alat berat.
Truk sampah yang akan dibeli merupakan truk sampah model bak tertutup, karena ini menjadi syarat utama truk sampah yang boleh masuk ke kawasan Lulut Nambo, ” jelasnya. (Rudi Hrp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

76 − 74 =