Bawaslu Kota Jakarta Timur Masih Temukan Data Pemilih Ganda

FOKUSATU – DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang akuntabilitas adalah salah satu unsur penting terciptanya proses Pemilu demokrasi yang akuntanbel dan berintrigas. Dalam rapat pleno penetapan DPTHP tingkat Nasional pada tanggal 16 september 2018, KPU RI menyatakan akan memperpanjang perbaikan DPT sampai 60 (enam puluh) hari ke depan.

Pasca penetapan perbaikan tersebut Bawaslu RI menginstruksikan kepada Bawaslu Kab/Kota untuk membuka posko pengaduan terkait perbaikan DPTHP termasuk Bawaslu Kota Jakarta Timur membuka Posko Pengaduan Masyarakat.

Demikian ditegaskan oleh Komisioner Bawaslu Kota Jakarta Timur Tami Widi Astuti. Menurutnya, Bawaslu Kota Jakarta Timur juga memerintahkan kepada jajaran Panwaslu kecamatan dan Panwaskel untuk melakukan pencermatan data di masing-masing wilayah dan melaporkan hasil pencermatan. Sampai dengan hari ini 27 (dua puluh tujuh) hari setelah ditetapkannya perpanjangan DPTHP, belum ada masyarakat yang melakukan pengaduan melalui posko pengaduan masyarakat.

Selain itu, Bawaslu Kota Jakarta Timur juga melakukan pencermatan dan perbaikan terhadap DPTHP yang pada pencermatan sebelumnya ditemukan 7.809 data pemilih ganda, pada pencermatan tahap kedua masih ditemukan 129 data pemilih ganda di wilayah Kota Jakarta Timur dengan Variabel NIK, nama, alamat dan tempat tanggal lahir ganda.

NO
KECAMATAN
JUMLAH KEGANDAAN

1
Jatinegara
14

2
Cipayung
20

3
Kramatjati
64

4
Pasar Rebo
2

5
Pulogadung
2

6
Cakung
27

Total
129

Ia menegaskan terhadap temuan data pemilih ganda tersebut Bawaslu Kota Jakarta Timur sudah menyampaikan kepada KPU Kota Jakarta Timur untuk memastikan data ganda tersebut, dan menghapus satu dari data pemilih ganda yang ditemukan. Saat ini KPU Kota Jakarta Timur juga sedang melakukan pencermatan dan perbaikan terhadap DPTHP pemilih di wilayah Jakarta Timur dalam program Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMPH). Sejalan dengan yang dilakukan Bawaslu Kota Jakarta Timur, hal ini dilakukan agar data pemilih di wilayah Kota Jakarta Timur bersih dan semua warga yang mempunyai hak pilih terdaftar di DPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − = 43