Arie Aripin Sang Konseptor Alun Alun Raksasa Di Purworejo

FOKUSATU – Begitu banyak kisah yang dapat kita ambil pelajaran di dunia ini, dan banyak sekali hikmah yang dapat diambil sebagai motivasi dan kekuatan buat kita menjalani hidup yang penuh dengan tantangan dan cobaan. Sering kita putus asa ketika harapan dan keinginan tidak terwujud. Padahal dibalik itu semua sebenarnya ada hal yang patut kita syukuri sebagai kekuatan buat kita bangkit dari keterpurukan. Salah satu yang patut kita ambil pelajaran dan hikmah adalah kisah Arie Aripin Direktur Pro Lanscape. Pro Lanscape adalah sebuah perusahan yang bergerak di Bisnis Design Colsultant.

Arie Aripin mengalami masa hidup yang sulit ketika ia masih kecil disuah desa di Kota Malang, Jawa Timur. Arie harus berjuang seorang diri bertahan hidup setelah kedua orang tuanya meninggal dunia. Arie hanya mengeyam bangku pendidikan hingga kelas tiga sekolah dasar. Arie harus mengalami pahit getir masa kecil, jangankan untuk bermain mainan seperti anak-anak lainnya, Arie bekerja serabutan untuk bisa membeli sebugkus nasi

Namun siapa sangka jika perjalanan hidup membawa Arie kecil hingga ke Luar Negeri.  Diangkat oleh keluarga Amerika dan menetap di Amerika menjadi jalan kesuksesan bagi Arie. Sempat mengenyam pendidikan hotel management di sebuah Universitas dan terlibat bisnis perhotelan selama 10 tahun di Amerika Serikat serta 6 tahun berkecimpung di bisnis butik, hotel dan resort di Indonesia, Arie memberanikan diri membuka bisnis design consultant, pembangunan dan manajemen hotel serta resort di Malaysia. Bisnis yang digelutinya ternyata berkembang pesat sehingga ia pun memutuskan merambah bidang-bidang lain seperti furniture design & manifacture, spa product, fashion, restaurant, serta trading. Dalam kurun waktu singkat ia cukup dikenal di kalangan pengusaha, pemerintah maupun politisi di Malaysia.

Berangkat dari kisah getir masa kecilnya tersebutlah yang membuat Arie untuk kembali dan berkiprah di Tanah Air. Terketuknya hati Arie saat menyaksikan pertemuan Presiden Jokowi dengan masyarakat Indonesia dalam lawatan Presiden Jokowi ke Malaysia bulan Februari 2015. Arie merasa terpanggil  untuk menyiapkan dan mendidik anak-anak bangsa meraih masa depan mereka dengan cara membangun fisik dan mental sejak dini, menjadi generasi yang tangguh melalui wahana bermain (playground).

Arie Aripin merasa sangat penting membangun karakter dan mental anak-anak yang mencintai potensi daerahnya, lingkungannya serta para tokoh nasional terkenal yang lahir dari daerahnya, menjadi kepedulian utama Bupati Purworejo, Agus Bastian dalam membangun sebuah alun-alun terbesar di Purworejo.

“Sejak dini anak- anak harus tahu jati dirinya dan tentunya juga unggulan dari daerahnya seperti Durian dan Manggis. Sekaligus mengerti siapa para pahlawan nasional dari daerahnya seperti  WR Supratman, Sarwo Edy Wibowo, dan seterusnya. Inilah pentingnya membangun karakter dan mental anak-anak sejak awal. Dan pembangunan alun-alun ini menjadi bagian penting dari pembentukan mental serta karakter itu,” jelas Bupati Purworejo, Agus Bastian, dalam sebuah kesempatan.

Pembangunan alun-alun terbesar di Purworedjo kini masih dalam tahap penyelesaian, namun sudah mendapatkan atensi serta antusias masyarakat yang sangat besar untuk mengetahui hadiah apa yang akan diberikan Bupati Purworejo, Agus Bastian buat masyarakatnya tersebut.

Sementara Muhammad Arie Aripin, selaku Advicer Pembangunan Project Alun Alun Terbesar di Purworejo mengemukakan bahwa Alun Alun Terbesar ini berkonsep ramah anak dan ramah lingkungan dengan mengedepankan edukasi akan potensi keunggulan daerahnya serta membangun karakter serta mental anak-anak untuk menghargai para pahlawan nasional yang lahir dari daerahnya ini.

Oleh karenanya Project Alun Alun Terbesar di Purworejo ini di desain dengan konsep tematik, yang dilengkapi International Playground Terbesar dengan Certification US Standart dan Eropean Standart yang dipasang di outdoor; Pembuatan sculpture yang mengangkat hasil buah daerah Purworejo seperti  Durian dan Manggis terbaik di Indonesia; Pembuatan Gong terbesar se-Asia melengkapi Purworejo yang terkenal dengan masjid yang di lengkapi Beduk terbesar se-Indonesia; Pembangunan sculpture modern bertuliskan I LOVE YOU yang merupakan simbul rasa cinta kebersamaan; Menghaditkan pula Taman yang di lengkapi dengan Water Fountai dengan atraksi air menari dalam balutan cahaya warna warni, Joging Track dan Oudoor Gym bertaraf International yang di pasang PT. Prolansekap indonesia; Hamparan rumput di tengah alun alun yg bisa digunakan untuk segala aktifitas warga masyarakat; dan tentunya dilengkapi dengan tempat duduk serta lampu penerangan dengan Design yang unik yang tidak ada di tempat lain .

Pembangunan Alun Alun Terbesar di Purworejo ini sesungguhnya berkorelasi erat dengan program Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, jelas Muhammad Arie Aripin yang juga Managing Director PT. Pro-Lansekap Indonesia. Dan adanya alun alun yang terbuka, terbesar dan terkonsep dengan baik ini menjadi tempat berinteraksi warga yang sehat dan edukatif, selain aman dan nyaman bagi anak-anak. Karena dilengkapi CCTV, Wifi  dan No Smoking Area. Alun – alun pun menyiapkan tempat kuliner khusus sehingga tidak ada lagi siapa pun yang berdagang di dalam Alun Alun karena konsep alun-alun Purworejo juga mengusung Clean and Smart Alun Alun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 3