17 Penambang Pasir Tertimbun Longsor , 4 Orang Tewas

FOKUSATU – Tragedi longsor maut terjadi di sebuah penambangan pasir di kawasan Gunung Merapi, Senin (18/12/2017). Longsor di Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, ini menyebabkan sebanyak 17 orang penambang manual tertimpa material longsor saat bekerja. Empat orang di antaranya dikabarkan meninggal dunia.

Tokoh masyarakat Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Suharno, mengatakan pencarian korban dilakukan dengan menggunakan tiga alat berat. Longsor di kawasan tambang Begho Kependem itu terjadi pada pukul 10.00 WIB.

Informasi yang diperoleh dari Pusdalops BPBD Magelang menyebutkan saat ini BPBD yang dibantu anggota TNI, Polri, dan Damkar setempat masih melakukan evakuasi. Hingga siang tadi, sembilan korban longsor telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Tim BPBD mulai melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor dengan alat berat pada pukul 11.55 WIB. Pukul 12.41 WIB, petugas menemukan 8 korban luka-luka dan empat meninggal dunia.

Korban meninggal dunia langsung dibawa ke RSUD Muntilan untuk identifikasi dan proses pencarian korban lain masih dilakukan. Pukul 13.10 WIB, korban meninggal tersebut teridentifikasi sebagai Iwan Dwi, 34, warga Dusun Kemburan, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang,

Satu korban meninggal dunia lainnya juga ditemukan pada pukul 13.13 WIB dan langsung dibawa ke RSUD Muntilan. Pencarian korban lain di lokasi juga masih dilanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 45 = 53