Ternyata Nasida Ria Punya Lagu Fenomenal Lain Selain Kampret Yang Durhaka

FOKUSATU – Lagu Wajah Ayu untuk Siapa yang dipopulerkan Nasida Ria, grup musik kasidah asal Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sempat menghiasi trending sosmed belakangan hari ini. Lantaran syair “kampret” pada lagu tersebut, sebagian netizen seenaknya menyebut lagu tersebut Kampret yang Durhaka.

Nasida Ria adalah nama besar sejak masa lalu, namun tidak semua tahu Nasida Ria memiliki beberapa lagu fenomenal lain selain Kampret yang Durhaka yang belakangan hari ini menjadi trending sosmed. Bahkan lagu-lagu tersebut kerap kali dibawakan penyanyi atau grup musik ternama di Indonesia.

Lagu-lagu milik Nasida Ria yang sempat menjadi hit di dunia musik kasidah Indonesia di antaranya adalah Dunia Dalam Berita, Bom Nuklir, Di Mana-Mana Ada Dosa, Perdamaian, Damailah Palestina, Mataharinya Dunia, Kota Santri, Sesal Tiada Berilmu, Muda-Mudi Zaman Sekarang, serta Munafik. Lagu-lagu tersebut merupakan segelintir dari sekian banyak lagu fenomenal milik Nasida Ria yang berasal dari beberapa album yang mereka luncurkan.

Pada lagu-lagu tersebut juga terdapat lirik menggelitik yang mungkin dianggap lucu oleh penikmat musik zaman sekarang, seperti yang terjadi pada Wajah Ayu untuk Siapa. Dari beberapa lagu fenomenal milik Nasida Ria yang fenomenal itu, di antaranya ada yang pernah dibawakan penyanyi ternama di Indonesia, yakni Perdamaian dan Kota Santri.

Wikipedia.org menyebut lagu Perdamaian pernah diaransemen ulang oleh Gigi, sedangkan Kota Santri pernah dibawakan beberapa kali oleh penyanyi ternama, seperti Krisdayanti.

Gigi me-remake lagu Perdamaian dan menjadikan lagu kasidah itu menjadi lagu rok dengan penuh distorsi gitar dan penuh dengan suara tom drum. Lagu yang dirilis Gigi pada 2005 tersebut sempat menjadi “lagu wajib” bersama lagu religi lainnya jika Ramadan tiba.

Perdamaian adalah salah satu lagu andalan Nasida Ria yang termasuk dalam album kelima mereka yang dirilis pada 1982. Wow, cukup lama bukan? Pada album yang dinamai Vol. 5 Perdamaian itu juga memuat lagu fenomenal lainnya, yakni Kota Santri.

Kota Santri bahkan menjadi hit dan kerap diputar di beberapa pondok pesantren. Kota Santri lantas dibawakan oleh Krisdayanti pada beberapa penampilannya, terutama pada acara-acara religius.

Bukan cuma Krisdayanti, mantan suami diva ternama tersebut, Anang Hermansyah, juga pernah membawakan lagu tersebut bersama beberapa rekan duetnya. Anang diketahui pernah merekam ulang lagu milik Nasida Ria itu bersama Syahrini pada 2010. Selain itu, ia juga pernah beberapa kali menyanyikan lagu itu bersama penyanyi cantik lainnya yang kini menjadi istrinya, yakni Ashanty.

Lagu-lagu fenomenal tersebut terkadang masih diputar di beberapa acara pengajian, bahkan hajatan pesta pernikahan di kampung-kampung di beberapa daerah. Nasida Ria memang bisa dibilang tak ada matinya dan telah menorehkan banyak sekali lagu hit selain Kampret yang Durhaka.

Bahkan, saking fenomenalnya lagu-lagu Nasida Ria, para penggemarnya terkadang lupa judulnya namun hafal lirik dan lantunan musiknya. Maklum, grup musik kasidah legendaris tersebut telah menorehkan 35 album. Berdasarkan keterangan beberapa sumber, dari 35 album tersebut, Nasida Ria telah merekam tak kurang dari 362 lagu.

Nasida Ria memang bukanlah grup musik remeh-temeh, apa lagi grup musik parodi yang ramai diduga netizen lantaran lagu Wajah Ayu untuk Siapayang lantas mereka anggap sebagai Kampret yang Durhaka. Grup musik kasidah yang bermarkas di Kelurahan Tugu, Kecamatan Tugu, Kota Semarang itu juga merupakan salah satu grup musik tertua yang masih aktif hingga kini di Indonesia.

Didirikan pada 1975, grup musik tersebut artinya sudah berdiri lebih dari 40 tahun, meski kerap bergonta-ganti personel. Namun, berkat Kampret yang Durhaka, nama Nasida Ria yang sempat hampir tak terdengar dalam beberapa tahun terakhir lantas menjadi trending sosmed dan kembali diingat.

Berkat Kampret yang Durhaka yang bertajuk asli Wajah Ayu untuk Siapa? itu pula, beberapa lagu fenomenal lain milik Nasida Ria yang terdapat di Youtube kembali dibuka oleh warganet. Tak sedikit yang lantas bernostalgia mendengarkan karya-karya fenomenal milik Nasida Ria. Kebanyakan dari mereka mengaku mendengarkan lagu-lagu Nasida Ria kala masih bocah.

https://www.youtube.com/watch?v=Nq5vygmdh1Q

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − = 92