Ini Pesan Alm Indra Sahnun Lubis Yang Paling Diingat Sahabat

FOKUSATU – Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) Medan, Aulia Zufri terkejut mendapat kabar Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI), Indra Sahnun Lubis meninggal dunia Jumat, (10/11/2017).

Ia menyebut mendapat kabar duka pertama kali dari anak almarhum, Roman Lubis.

“Sekitar satu jam setelah kejadianlah (baru meninggal) saya dikabari sama Roman. Anaknya itu kebetulan kan tinggal di Medan ini. Dia bilang kalau bapaknya itu meninggal dunia dan minta tolong dikabari sama yang lain. Kemarin itu belum jelas kali di mana meninggalnya,” ujar Aulia yang dihubungi melalui telepon selulernya Sabtu, (11/11/2017).

https://www.youtube.com/watch?v=o1_-SKEqQD8

Ia mengaku terakhir mendapat informasi  almarhum baru saja menjalani operasi jantung di Penang.

Disebut sudah lama almarhum mengalami sakit jantung.

” Ya memang sepengetahuan saya memang kurang sehat kondisinya kemarin-kemarin itu. Ada penyakit jantung dan penyakit lainnyalah. Makanya sudah berobat bolak-balik juga dia ke Penang. Kalau saya jumpa terakhir sama almarhum saat bulan Agustus lalulah saat dia buat acara pesta pernikahan anaknya di Medan,”kata Aulia.

Ia mengaku kalau sebenarnya dirinya kemarin sudah menjadwalkan untuk dapat melihat langsung jenazah Indra Syahnun Lubis di rumah duka di kawasan Cilandak. Namun karena ada halangan ia tidak bisa berangkat.

” Sudah mau berangkat pagi tadi sebenarnya sama Ketua DPD, tapi karena ada kesibukan mendadak gagal saya berangkat. Yang pergi akhirnya hanya pak Borkat Harahap saja,”kata Aulia.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) ini menilai karena Indra meninggal tepat di 10 November yang merupakan hari pahlawan, disebut pantas juga gelar pahlawan advokat disandang oleh almarhum. Menurutnya selama ini sosok Indra Syahnun Lubis banyak berjasa dan berjuang untuk advokat lain.

” Dia (almarhum) itu memang seperti itu orangnya walaupun sakit tapi gak ada kata sakit, tetap jalan (bekerja). Dia selalu memperjuangkan advokat ini,”katanya.

Ia mengaku ucapan yang paling diingatnya dari almarhum adalah terkait persoalan independen advokat.

“Pernah dibilangnya jangan pernah takut sama penegak hukum lain. Artinya advokat inikan independen, jangan mau diintervensi. Lawan saja kalau penegak hukum salah, bantingkan saja meja, pukulkan meja itu kalau mereka tidak bisa tegakkan aturan. Semangatnya itu yang luar biasa,”sebut Aulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + = 10