Polisi Yakini Empat Agen Korut Saksikan Pembunuhan Kim Jong-nam Dari Jauh

WARTAHOT – P olisi Malaysia meyakini empat agen dinas rahasia Korea Utara merancang pembunuhan Kim Jong-nam dan menyaksikan dua perempuan eksekutor menjalankan misinya dari jarak jauh.

Rekaman CCTV menunjukkan tiga dari empat agen Korut menyaksikan aksi pembunuhan itu dari sebuah kantin bernama Bibik Heritage yang berada sekitar 50 meter dari tempat kejadian perkara di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA2) pada Senin (13/02), New Straits Times melaporkan.

Mereka berada di kantin itu sejak pukul 7.30 pagi sampai pembunuhan terjadi. Keempat orang itu terus mengamati gerak gerik Kim ketika pembunuhan terjadi.

Menurut koran Malaysia itu keempat perancang pembunuhan itu sudah mengamati kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un selama hampir satu tahun untuk mempelajari pola perjalanan korban, termasuk terbang antara Makau, Singapura dan Malaysia. Mereka sudah tahu Kim (45) sedang berada di Singapura sebelum pembunuhan terjadi.

Laporan New Straits Times itu mucul setelah kemarin polisi Malaysia menyatakan telah menahan seorang lelaki Korut karena ada kaitannya dengan pembunuhan Kim.

Dua wanita eksekutor pembunuhan adalah Siti Aishah, WNI berusia 25 tahun, dan Doan Thi Huong, perempuan berusia 29 tahun yang memegang paspor Vietnam. Pacar Aishah dari Malaysia juga sempat ditahan. Aishah mengaku ditipu oleh seorang pria dan mengira apa yang dilakukannya hanya lelucon belaka untuk acara komedi di sebuah stasiun televisi.

Polisi menggelar rekonstruksi di TKP Jumat lalu dengan menghadirkan Aishah dan Doan. Pembunuhan itu terjadi pada pukul 8.59 Senin pagi dan hanya membutuhkan waktu lima detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

27 − = 18