Kapolri Luncurkan Aplikasi 'Polisi Kita'

WARTAHOT – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meluncurkan aplikasi “Polisi Kita” di Polda Sumatera Utara. Aplikasi ini menggunakan konsep e-policing atau pelayanan kepolisian terpadu berbasis elektronik

Dikutip dari Antara, Kapolri menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumut yang telah menyiapkan konsep e-policing untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari institusi kepolisian.

Program e-policing tersebut, katanya, sesuai dengan isi poin pertama konsep Nawacita yang diusung Presiden Joko Widodo agar instrumen negara selalu hadir dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya program tersebut, katanya, ada keinginan untuk memenuhi kebutuhan mendasar dari masyarakat, yakni adanya upaya cepat dari kepolisian atas pengaduan dan informasi yang diberikan.

“Jadi, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor polisi, 2-3 jam menunggu, cukup menggunakan handpone,” kata Tito di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Minggu (5/2). Peluncuran program itu disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asmam Abnur, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang, anggota Komisi III DPR RI Hasrul Azwar, dan sejumlah pejabat utama Mabes Polri.

Selain meluncurkan program e-policing, dalam sambutannya Kapolri juga berharap adanya perubahan cara kerja di jajaran Polda Sumut sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin meningkat.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan program e-policing yang diberi nama “Polisi Kita Sumatera Utara” itu akan dilaksanakan di 33 kabupatren/kota di Sumut. Pelayanan secara elektronik itu adalah penjabaran dari arahan Presiden Joko Widodo dan program prioritas Kapolri untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kepolisian.

Program e-policing terintegrasi dengan seluruh polres di Sumatera Utara dan dapat diakses masyarakat secara mudah dengan menggunakan telepon seluler jenis android.

“Kami menghadirkan layanan kepolisian yang dapat diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja,” ujar Rycko.

Aplikasi tersebut berisi fitur seperti berita dan agenda, pengaduan, saber pungli, serta city guide untuk mengetahui kantor kepolisian dan fasilitas umum terdekat.

Di bagian bawahnya ada tombol respons cepat untuk mendapatkan bantuan segera bagi warga yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =