Oki Setiana Dewi Ramaikan IFW 2017 dengan Bhineka of Syar'i

WARTAHOT – Indonesia Fashion Week 2017 (IFW 2017) memasuki hari ketiga. Ajang pageralan fashion bergengsi Tanah Air  ini menyuguhkan banyak kreasi para desainer muda Indonesia. Salah satunya Oki Setiana Dewi.

Mengambil tema Bhineka of Syar’i, presenter sekaligus desainer ini menghadirkan kerudung syar’i yang terinspirasi dari semboyan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika. Menariknya, kerudung yang ditawarkan tak hanya membuat penggunanya terlihat cantik,  tapi juga tampak ramping.

“Di IFW ini aku mengikuti tiga kali show dengan tema yang berbeda-beda dengan dua brand ku yang berbeda. Kalo hari ini khususnya Bhineka of Syar’I. Berbeda-beda dalam berhijab tapi tetap syar’i,” tutur Oki di acara IFW 2017, Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (3/2/107).

“Walau berbeda-beda cara memakai kerudungnya, tujuannya tetap satu, yaitu mendapat rida Allah. Itu mengapa aku pilih tema tersebut. Diharapkan desain yang beragam itu, para muslimah tetap merasa nyaman dan percaya diri dalam berbusana syar’i,” tambahnya.

Pada pagelaran kali ini, Oki menghadirkan 20 look busana syar’i, dengan detail satu jilbab menggunakan 2 warna. Menurut Oki, umumnya busana syar’i hadir dengan kerudung yang panjang, menutupi perut, dan bokong, bahkan paha juga betis, serta cenderung bertumpuk.

Kakak kandung Ria Richis ini pun berusaha menghadirkan hal yang berbeda, yakni dengan menyulap busana syar’i menjadi tidak monoton, menumpuk, dan membuat penggunanya terlihat ideal dalam berbusana.

“Tantangannya adalah, baju syar’i itu kan identik dengan baju yang sangat panjang, bahkan sampe ke paha, ada juga kerudungku yang sampai ke betis. Jadi aku harus memastikan kerudung tersebut tidak terlihat menumpuk dan tidak terlihat monoton. Itu sebabnya judulnya bhineka, jadi satu desain dibuat berbeda dengan yang lainnya,” ujarnya lebih rinci.

Istri Ory Vitrio ini menggunakan material cerutti, chiffon dan organza, di mana material yang digunakan sangat ringan dan tetap memberikan kesan anggun. Desain yang dihadirkan pun cukup beragam, seperti cutting yang asimetris yang hadir dalam sapuan palet warna warna pastel.

“Aku pakai bahan cerutti, chiffon dan organza supaya dia tetap flowing melayang terkesan anggun dan ringan. Ada beberapa desain yang aku buat fresh, jadi walaupun menutup sampe betis tapi tetap terlihat slim dan tidak terlihat ketat ya,” katanya menjelaskan.

Untuk melengkapi koleksi rancangannya, Oki menambahkan kristal Swarovski dan payet pada keliman kerudung.

“Jadi busana ini lebih cocok dipakai ke acara-acara formal dan semi-formal. Warna ini ternyata sangat digemari oleh pemakai busana syar’i karena bisa dipakai di segala acara dan mereka pun merasa percaya diri,” paparnya.

“Memang terkesan glamor dan gak bisa dipakai sehari-hari karena ada detail Swarovski dan juga beberapa payette, sehingga kerudung syar’i ini bisa dipakai untuk acara yang lebih formal dan acara pernikahan,” lanjut Oki.

Dalam kesempatan yang sama, desainer lain, seperti Yunia Syar’i, Marya, Ulya Hijab, dan Jawhara Syar’i juga menghadirkan tren syar’i 2017 yang menarik di IFW 2017. (Oz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5