MA Menangkan PK KCI Atas Pelanggaran Hak Cipta Inul Vizta Manado

WARTAHOT – Drama panjang kasus ‘pemakaian lagu tanpa ijin’ oleh Karaoke Inul Vizta Manado berakhir dengan kemenangan Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) melalui upaya tuntutan hukum terakhir di Mahkamah Agung (MA), Peninjauan Kembali (PK).

Belum lama ini MA mengabulkan PK perkara pelanggaran hak cipta berupa pemakaian lagu-lagu yang dikuasakan oleh para pencipta lagu kepada pihak KCI.

Perkara pemakaian lagu tanpa ijin oleh tempat karaoke Inul Vizta di Manado ini diputus oleh MA pada 19 Oktober 2016, melalui sidang di tingkat PK dengan ketua majelis I Gusti Agung Sumanatha.

“Senang sekali bahwa baru pertama kalinya kasus pelanggaran hak cipta ini sampai ke MA. Sudah kasasi lalu kita ke PK dan MA mengabulkan. Kita menang. Menang mutlak, menang telak,” ujar Ketua Badan Pembina KCI Enteng Tanamal, ditemui di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Sabtu (14/1/2017).

Lebih lanjut Enteng menjelaskan, putusan ini menegaskan bahwa KCI berhak untuk bertindak atas nama pencipta lagu, untuk memberi ijin kepada seluruh pengguna lagu, baik tempat karaoke, hotel, perusahaan penerbangan, pusat perbelanjaan, dan berbagai jenis pengguna lainnya.

“Ketika di dalamnya memutar lagu, harus membayar royalti,” papar Enteng.

“Dan ini putusan yang sudah inkraacht (berkekuatan hukum tetap). Kalau nanti KCI berhadapan lagi dengan kasus yang sama, kita akan gunakan putusan ini. Dan mudah-mudahan tidak ada masalah lagi bagi para pencipta lagu, agar mereka bisa mendapatkan haknya dan hidup mereka lebih sejahtera,” lanjut Enteng.

Perkara ini untuk kali pertama disidang pada tingkat pertama di Pengadilan Niaga Makassar pada tahun 2012. Di tingkat kasasi, melalui kuasa hukum Inul Vizta, Hotman Paris Hutapea, PT Vizta Pratama sempat menang atas perkara ini.

Namun di tingkat PK, MA justru mengabulkan upaya tuntutan hukum terakhir dari pihak KCI. “Ini baru satu-satunya perkara hak cipta yang sampai ke MA, PK, dan menang,” kata Enteng.

“Dan tanpa satu sen pun kami keluar. Tapi kok bisa menang, murni! Biasanya kan selalu ada apa-apanya di belakang. Tapi ini satu sen pun tidak keluar,” tandasnya. (Oz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

72 + = 81