Yuk Intip Keindahan Bawah Laut Pulau Derawan

WARTAHOT  – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan alamnya yang eksotis, terlebih lagi dengan alam bawah lautnya. Tak jarang wisatawan luar negeri lebih  mengenal wisata alam bawah laut Indonesia. Ini menunjukkan Indonesia memiliki potensi tinggi sebagai destinasi selam kelas dunia.

Indonesia memiliki banyak lokasi-lokasi penyelaman yang sangat bagus. Kurang lebih ada sekitar 600 lokasi menyelam di seluruh wilayah Indonesia. Dengan luasnya perairan Indonesia yang ada, sudah pasti menyimpan banyak keindahan-keindahan alam bawah lautnya. Selain itu, kegiatan wisata menyelam sekarang ini bukan lagi menjadi wisata yang mahal.

Diantara ratusan lokasi menyelam dan tujuan wisata unggulan Indonesia adalah Pulau Derawan yang merupakan salah satu deretan pulau di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dengan kedalaman sekitar lima meter, terdapat beraneka ragam biota laut, di antaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (blue ring octopus), nudibranchs, kuda laut (sea horses), belut pita (ribbon eel) dan ikan skorpion (scorpion fish).

Sementara, di kedalaman sepuluh meter terdapat karang yang dikenal sebagai Blue Trigger Wall dengan panjang 18 meter. Nama Triger Wall karena banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fish), serta adanya Danau Kakaban, yang merupakan danau purba berumur jutaan tahun.

Pulau Derawan menyediakan berbagai fasilitas seperti cottage, peralatan menyelam, speedboat, dan restoran. Untuk menuju ke Pulau Derawan pun cukup mudah, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dengan tujuan Balikpapan, selanjutnya terbang ke Tanjung Redep selama satu jam dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star dilanjutkan dengan menyewa motorboat ke Pulau Derawan. Selain menggunakan pesawat, Tanjung Redep dapat dicapai dengan jalur laut menggunakan kapal dari Samarinda atau Tarakan. (GEMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 72 = 76