Serah Terima Masjid As Sayyidah Badriyah Puri Asri 2 Cileungsi Bogor

FOKUSATU-Masjid adalah rumah Allah. Allah Ta’ala sandingkan dengan diri-Nya sendiri, sebagaimana firman-Nya :“Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam masjid-masjid-Nya dan berusaha untuk merobohkannya?”(QS. Al-Baqarah [2]: 114).

Hal ini menunjukkan kemuliaan dan agungnya kedudukan masjid di sisi Allah Ta’ala.Dikatakan oleh Ahmad Saeful selaku ketua panitia pembangunan masjid dalam sambutan nya di acara serah terima masjid Assayyidah Badriyah perumahan Puri Asri 2,Desa Situsari ,Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor pada hari Sabtu , 17 Muharram 1442 H bertepatan dengan tanggal 05 September 2020 M.

Lebih lanjut di katakan Ahmad Saeful Ada dua pengertian memakmurkan masjid Allah Ta’ala. Pertama, membangun masjid, memperindah atau memperkokoh bangunannya, namun ini hanya sekedar sarana saja, bukan tujuan utama memakmurkan masjid.

Kedua, memakmurkan dengan melaksanakan ketaatan kepada Allah Ta’ala dan berzikir kepada-Nya di dalam masjid tersebut. Oleh karena itu, Allah Ta’ala menegaskan,

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat ” (QS. At-Taubah [9]: 18).

Ust Yan Ali selaku tokoh masyarakat dalam sambutan nya menambahkan apa yang di katakan Ketua panitia pembangunan masjid Ahmad Saeful bahwa Allah Ta’ala mengkhususkan upaya memakmurkan masjid dalam bentuk amal-amal ibadah tersebut, karena itulah tujuan yang sebenarnya. Tidaklah maksud memakmurkan masjid hanya sekedar bermegah-megah dengan bangunan masjid atau meninggikan bangunannya. Perkara-perkara seperti ini tidak ada nilainya dan tidak teranggap.

Pak Beben selaku tokoh masyarakat dalam sambutan nya menambahkan apa yang di katakan Ust Yan Ali, “Siapa saja yang membangun masjid dengan menginfakkan hartanya untuk meraih ridha Allah Ta’ala, juga diniatkan untuk membantu kaum muslimin dalam menegakkan (melaksanakan) ibadah kepada Allah Ta’ala, maka hal ini merupakan maksud atau niat yang baik dan termasuk amal shalih. Sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah haditsnya,

“Barangsiapa membangun masjid karena Allah Ta’ala, Allah akan buatkan yang semisal untuknya di surga” (HR. Tirmidzi no. 318 dan Ibnu Majah no. 736, shahih).

Hadir dalam peresmian serah terima masjid ini Bapak Dahlan selaku Kepala Desa Situsari,dalam sambutan nya mengatakan bahwa Masjid As Sayyidah Badriyah Puri Asri 2 ,Masjid yang ke 19 di Desa Situsari, Cileungsi.

Dan saya mengajak pada masyarakat, khususnya di perumahan Puri Asri 2 untuk meningkatkan ibadah kita pada Allah SWT Sesuai yang Allah Ta’ala firmankan,”Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”(QS. At-Taubah [9]: 18

Selanjutnya di katakan Pak Kades bahwa Kecamatan Cileungsi ada 12 Desa,dan saat ini per 5 September masuk rangking pertama dalam hal korban covid 19 , oleh karena itu saya selaku kepala desa mengajak warga khususnya warga puri Asri 2 di sini untuk menjaga kesehatan,patuhi protokol kesehatan dan semoga dengan adanya masjid ini kita jadi lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Aamiin

Mewakili dari Yayasan Al Huda Ust Fahri beliau katakan Dari Yayasan Al Huda berikan bantuan bangunan masjid bukan wujud materi atau uang, karena Yayasan Al Huda mau masyarakat juga berperan dalam pembangunan masjid ini, dengan selesai nya pembangunan masjid ini berarti dari Yayasan
Al Huda sudah selesai tugasnya ,dan setelah berdirinya masjid ini,tugas memakmurkan masjid tugas dari pengurus masjid serta jamaahnya.

Dalam acara serah terima masjid ini hadir Pak Dahlan selaku Kepala Desa Situsari, Ust Yan Ali ,Pak Beben selaku tokoh masyarakat, Ketua MUI Desa Situsari Ust Junaedi,Pak Rodi selaku perwakilan dari developer perumahan Puri Asri 2,serta warga perumahan Puri Asri 2.

Acara di tutup dengan doa oleh Ust Junaedi selaku ketua MUI Desa Situsari.(AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *